Trending Topik

Menguak Keindahan Wisata Labuhan Bajo

Abadikini.com, JAKARTA – Labuan Bajo menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Indonesia. Bagaimana tidak, destinasi ini memang memiliki bentang alam indah dan memikat, mulai dari bukit hingga laut yang eksotis.

Labuan Bajo sendiri merupakan salah satu desa yang terletak di kecematan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Indonesia.

Awalnya, tempat ini adalah desa nelayan kecil. Namun sering berjalannya waktu, Labuan Bajo menjelma sebagai pariwisata unggulan Tanah Air.

Salah satu wisata Labuan Bajo yang sering dikunjungi, yakni Pulau Padar. Pulau ini menyajikan pesona bukit indah yang dikelilingi dengan laut biru yang cantik.

Berikut ini Spot Wisata favorit di Lahuan bajo yang sering dikunjungi:

1. Pulau Padar

Pulau Padar, Labuan Bajo. Foto: Istimewa

Pulau Radar selalu sukses menarik perhatian wisatawan dengan pesona alamnya yang indah. Dengan menaiki puncak Pulau Padar, Anda bisa memandang hamparan laut biru lepas. Selain itu, Anda juga akan disuguhkan dengan tampilan sabana yang indah di pulau ini.

Pulau Padar selama ini memang dikenal sebagai tujuan para pelancong dunia. Pulau tersebut bahkan telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh Unesco (Badan Pendidikan, Sains, dan Budaya PBB) sejak 1991.

Status tersebut membuat pulau-pulau di taman nasional tersebut relatif terjaga kemurnian dan keindahan alamnya. Pulau Padar memiliki pemandangan alam yang menakjubkan. Untuk itu Kementerian Pariwisata terus melakukan terobosan untuk mengangkat Pulau Padar, seperti digelarnya famtrip ini.

Padar merupakan pulau ketiga terluas di taman nasional tersebut, setelah Komodo dan Rinca. Hamparan lahan berbukit yang hijau, langit dan laut biru yang bersih, juga putih buih air saat menerpa pantai adalah hal yang bisa menyejukkan mata dan pikiran. Dan di Pulau Padar juga terdapat hamparan pink beach yang sangat menakjubkan.

Selain menikmati keindahan panorama di atas puncak bukit, Pulau Padar juga memiliki keindahan panorama bawah laut. Perairannya ditumbuhi banyak terumbu karang dengan ikan-ikan yang beraneka ragam menyajikan keindahan pemandangan bawah laut yang cantik. Jika beruntung di titik-titik tertentu kita bisa menjumpai ikan pari manta yaitu sejenis ikan pari raksasa yang memiliki panjang 5-10 meter, juga ikan paus atau bahkan lumba-lumba

2. Pantai Pink

Pantai Pink, Labuan Bajo. Foto: Istimewa

Selain indah, Pantai Pink juga menyuguhkan panorama alam yang unik. Ini karena pantai tersebut memiliki pasir berwarna pink atau merah muda yang tercipta dari Foraminifera, hewan berukuran mikroskopis yang memiliki pigmen merah.

Di samping pasirnya yang unik, Anda juga akan diberikan pemandangan biota indah bawah laut. Mulai dari ikan, kerang dan lainnya.

Masyarakat lokal lebih suka menyebutnya Pantai Merah, sementara wisatawan asing lebih suka menyebutnya Pink Beach. Warna pink yang lembut tampak kian jelas terutama saat pasir tersapu ombak. Pantai Pink merupakan daya tarik lain dari Taman Nasional Komodo yang telah dinobatkan menjadi salah satu dari nominasi tujuh keajaiban alam di dunia. Dinamakan Pink Beach karena memang pasir pantainya berwarna merah muda (pink).

Menuju Lokasi Pantai Pink Flores

Menuju Lokasi Pantai Pink, Labuan Bajo, Pulau Flores, NTT. Foto: Istimewa

Untuk mencapai lokasi pantai yang tak berpenghuni dan sepi ini dapat ditempuh dengan menyewa kapal atau speed boat dari Labuan Bajo. Paket tur perjalanan biasanya akan membawa Anda ke Pulau Rinca lalu kemudian ke Pulau Komodo terlebih dahulu.

Dari Labuan Bajo menuju Dermaga Loh Buaya di Pulau Rinca memakan waktu sekira 45 menit. Di pulau-pulau tersebut Anda dapat melihat langsung komodo yang langka itu di habitat asli mereka dengan memilih jalur trekking tertentu.

Dari Dermaga Loh Liang, sebuah dermaga di Pulau Komodo, diperlukan waktu sekira 30 menit perjalanan dengan kapal untuk menginjakkan kaki di pink Beach, pantai yang warna pasirnya tidak biasa ini.

3. Pulau Komodo

Komodo Istimewa/Abadikini.com

Pulau yang menjadi salah satu kejaiban dunia ini menawarkan pengalaman baru untuk wisatawan. Dengan berkunjung ke Pulau Komodo, Anda bisa melihat langsung aktivitas komodo secara dekat. Bahkan, Anda juga bisa berinteraksi dengan hewan reptil tersebut.

Habitat komodo ada di beberapa pulau yang berdekatan dengan Pulau Komodo seperti Pulau Rinca. Di pulau tersebut, wisatawan bisa leluasa mengamati pola keseharian komodo. Terdapat tempat yang tepat untuk melihat kawanan komodo. Wisatawan bisa mendaki sebuah bukit, yaitu Bukit Ara. Di atas gunung itu, kawanan komodo banyak hidup secara liar

Pulau Komodo atau pulau lain yang termasuk dalam kawasan ini telah ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia karena keberadaan komodo yang hanya dapat ditemui di tempat ini.

4. Gua Rangko

Gua Rangko, Labuan Bajo, NTT. Foto: Istimewa

Wisata yang terletak di Desa Rangko ini menyajikan pemandangan yang memanjakan mata. Gua Rangko menyuguhkan panorama kolam biru jernih yang dihiasi dengan stalaktit indah di sekitarnya.

Obyek wisata ini terletak di Desa Rangko, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Bagi Anda yang berniat mengunjungi Labuan Bajo dapat klik disini untuk mendapat informasi seputar destinasi wisata disana atau hubungi Komodo Travel and Transportation (KTT) Flores, Indonesia | +62 85253115303

Baca Juga

Back to top button