Final Piala Dunia Antarklub 2020: Lawan Tigres, Bayern Bidik Gelar ke 6

Abadikini.com, JAKARTA – Bayern Munchen akan menantang Tigres UANL pada pertandingan final Piala Dunia Antarklub 2020, di Education City Stadium, Jumat (12/2) dini hari WIB.

Bayern Munchen tampil sebagai juara Liga Champions UEFA 2019/20. Ini merupakan partisipasi kedua mereka di Piala Dunia Antarklub FIFA. Sebelumnya, pada edisi 2013, mereka menjadi juara dengan mengalahkan Raja Casablanca 2-0 di final.

Sementara, Tigres adalah juara Liga Champions CONCACAF 2020. Klub Meksiko tersebut tampil untuk pertama kalinya di Piala Dunia Antarklub FIFA. Mereka juga merupakan klub Meksiko pertama yang mencapai final kompetisi ini.

Bayern melangkah ke final setelah pada laga sebelumnya menekuk Al Ahly dua gol tanpa balas. Kedua gol Die Roten diborong sang bomber, Robert Lewandowski. Sedangkan Tigres menyingkirkan Ulsan Hyundai 2-1 dan Palmeiras 1-0.

Bayern mengincar gelar juara yang keenam (sextuple) dalam semusim. Sepanjang 2020, mereka telah meraih lima gelar juara, yakni Bundesliga, DFB Pokal, Liga Champions, Piala Super Jerman, dan Piala Super Eropa. Piala Dunia Antarklub FIFA ini masuk kalender 2020 yang pelaksanaannya mundur karena pandemi COVID-19.

Bayern Munchen berhasil memenangi 6 laga terakhirnya di semua kompetisi, dengan mencetak total 14 gol dan hanya kebobolan total 2 gol. Mereka juga selalu mencetak minimal 2 gol dalam 9 dari 11 laga terakhirnya di semua kompetisi.

Pada laga nanti, Bayern jelas lebih pengalaman. Ketika kompetisi berganti nama menjadi Piala Dunia Antarklub, Bayern pernah meraih titel pada 2013. Ketika itu, Bayern menundukkan Raja Casablanca 2-0 di laga final.

Pelatih Bayern, Hansi Flick, kemungkinan besar akan tampil dengan formasi 4-2-3-1. Lewandowski diprakirakan masih akan menjadi mesin gol.

Sementara itu, pada sektor tengah, Bayern memiliki gelandang yang tidak kalah tajam ketika menyerang. Thomas Muller, Serge Gnabry, dan Kingsley Coman siap menebar ancaman.

Sementara itu, Tigres diprediksi akan menumpuk sejumlah besar pemain di lini tengah. Harapannya adalah dapat menandingi kemampuan individu pemain Bayern yang beberapa tingkat di atas.

Satu pemain yang perlu diwaspadai Bayern adalah Andre-Pierre Gignac. Penyerang asal Prancis itu mencetak seluruh gol Tigres di Piala Dunia Antarklub.

Menilik kemampuan kedua tim, seharusnya Bayern tidak memiliki kesulitan meraih kemenangan. Dari seluruh sektor yang ada, juara Liga Champions musim lalu tersebut jelas lebih unggul.

Namun, Bayern juga jangan anggap enteng, Tigres memiliki permainan yang terstruktur dan serangan balik yang mematikan.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button