Buka Muscab III Ikantan Bidan Indonesia, Bupati Ruksamin Tegaskan Pemda dan IBI Satu Kesatuan

Abadikini.com, WANGGUDU – Bupati Konawe Utara Ruksamin membuka dengan resmi musyawarah cabang ke lll Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Konut, Sulawesi Tenggara di Hotel Oheo, Selasa (9/2/2021).

Dalam sambutannya, Ruksamin mengatakan bahwa dirinya bangga atas bantuan Bidan dalam mensukseskan program kerja pemerintah setempat.

“Dari 2000 lebih ASN di Konut itu 209 bidan yang terbagi dalam rumah sakit dan puskesmas. Kita masih kekurangan, tapi kita tetap berupaya tahun ini penerimaan ASN kita diberikan porsi sekitar 30 orang,” ujarnya.

Mantan Ketua DPRD Konut ini menegaskan bahwa, Pemda dan IBI merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

“Contoh kita ini ada program Konasara sehat. Di Kendari ada kita tempatkan tenaga kesehatan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang dirujuk ke RS di Kendari,” kata Ketua DPW Partai Bulan Bintang (PBB) Sulawesi Tenggara itu.

Sementara, pengurus IBI Konut Ita Sinar mengatakan, Muscab ke III digelar untuk mendengarkan laporan kinerja pengurus selama di periode berjalan.

“Muscab ini dilaksanakan berdasarkan AD/ART organisasi untuk mengetahui laporan kinerja pengurus,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Konut Nurjannah Effendi mengatakan, IBI harus membantu upaya pemerintah dalam mensukseskan pelayanan kesehatan.

“Kita lihat menurunnya angka kematian ibu melahirkan di Konut,” ujarnya.

Dirinya meminta peran IBI untuk lebih ditingkatkan, dimana angka kematian di Konut sebanyak 14 orang di tahun 2020.

“Kesehatan dan rujukan tidak ada lagi kata terlambat dalam pelayanan kesehatan,” ujarnya.

Baca Juga

Back to top button