Sasar Warga Sipil Arab Saudi, 4 Drone Milik Houthi Ditembak Jatuh

Abadikini.com, RIYADH – Empat drone bersenjata milik pemberontak Houthi Yaman yang mengarah ke Arab Saudi berhasil ditembak jatuh oleh koalisi Arab, Ahad (7/2/2021).

Baca Juga

Koalisi Arab adalah koalisi yang dipimpin Arab Saudi untuk operasi militer terhadap pemberontak Houthi di Yaman.

“Milisi Houthi terus melanggar hukum humaniter internasional dengan mencoba menargetkan warga sipil,” kata Koalisi Arab dalam sebuah pernyataan di hari yang sama.

“Kami sedang mengambil langkah-langkah untuk menangani sumber ancaman sesuai dengan hukum humaniter internasional,” lanjut pernyataan Koalisi Arab seperti dikutip Al Arabiya English.

Dalam kurun waktu kurang dari 24 jam, pemberontak Houthi telah dua kali melakukan serangan drone bersenjata ke Arab Saudi pada Sabtu malam dan Ahad kemarin  Namun, kedua upaya tersebut dapat digagalkan oleh koalisi Arab.

Amerika Serikat (AS) akan mengakhiri dukungannya untuk operasi militer Arab Saudi di Yaman, tetapi akan terus membantu Arab Saudi mempertahankan kedaulatan dan tanah airnya. Komitmen itu disampaikan Presiden AS Joe Biden pada hari Kamis pekan lalu.

Pada hari Jumat, (5/2/2021) AS mengatakan akan membalikkan keputusan menit-menit terakhir pemerintahan Trump yang menetapkan Houthi Yaman sebagai organisasi teroris. Penetapan itu pertama kali dibuat oleh mantan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo tak lama sebelum dia meninggalkan jabatannya, meskipun dia berupaya untuk mendorong penunjukan tersebut beberapa bulan sebelumnya.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button