Pesona Alam Bawah Laut Bunaken Nan Takjub

Abadikini.com, JAKARTA – Tidak sedikit pulau-pulau di Indonesia yang masih begitu terjaga dan menawarkan keindahan bawah laut untuk dieksplor. Salah satu jenis wisata yang terkenal di Indonesia adalah wisata bahari. Hal itu disebabkan jumlah sumber daya lautnya yang melimpah sehingga dapat dimanfaatkan sebagai area wisata. Misalnya seperti Taman Nasional Bunaken yang merupakan taman laut dengan keunggulan pesona alamnya tiada tara. Letaknya berada di wilayah Sulawesi Utara dan masih sangat alami.

Baca Juga

Bunaken merupakan taman nasional yang telah ditunjuk oleh Menteri Kehutanan di tahun 1991 sebagai objek wisata. Memiliki lokasi yang menjadi perwakilan dari ekosistem perairan tropis Indonesia. Terdiri dari ekosistem hutan bakau, padang lamun hingga terumbu karang dan ekosistem daratan ataupun pesisir.

Pesona Alam Bawah Laut Bunaken Nan Takjub. Foto: Istimewa

Pulau yang ada di dalamnya ini memang kaya akan flora dan fauna dimana Taman Nasional Bunaken memiliki 13 genera atau genus karang hidup dengan dominasi jenis terumbu karang tepi dan terumbu karang penghalang. Ada sekitar 91 jenis ikan yang hidup di perairan ini. Misalnya saja seperti ikan kuda gusumi, lolosi ekor kuning hingga ila gasi.

Mereka yang datang menikmati wisata bawah laut juga tidak hanya dari wisatawan lokal saja melainkan dari wisatawan mancanegara. Sekali lagi membuktikan bahwa pariwisata di Indonesia memang memiliki daya tarik dunia. Di tempat ini juga banyak kegiatan wisata bahari yang bisa dilakukan pengunjung. Mulai dari diving, snorkeling, berjemur atau pun berenang.

Bunaken itu sebenarnya nama sebuah pulau dengan luas 8 km persegi yang teronggok di bagian utara Teluk Manado. Perairan di sekitarnya cukup tenang dan nggak sebuas laut Pantai Selatan Jawa, sehingga menarik orang untuk berenang buat merasakan kehangatan airnya. Keindahan salah satu taman laut terluas di Indonesia ini baru akan terungkap ketika kita menyelam sedalam 25-50 meter.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button