Penantian Panjang Tercapai, Man City Pesta Goll di Markas Liverpool

Abadikini.com, JAKARTA – Juara bertahan Liverpool menjamu Manchester City, di Anfield, Minggu (7/2/2021) malam WIB. Laga dimulai dengan ketat, dengan kedua tim saling kesulitan menembus pertahanan lawan di 20 menit pertama.

Baca Juga

Berlaga di Stadion Anfield, The Citizens sukses memenangi laga tersebut dengan skor 4-1.

Demi meraih kemenangan di Anfield tersebut, Manchester City ternyata harus menanti selama 17 tahun.

Manchester City terakhir kali meraih tiga poin di kandang Liverpool dalam pertandingan Liga Inggris pada musim 2002-2003. Saat itu, Manchester City menang 2-1 atas Liverpool berkat dua gol Nicolas Anelka. Gol-gol tersebut sukses mementahkan keunggulan Liverpool via Milan Baros.

Setelah kesuksesan tersebut, Manchester City menelan 16 kekalahan dan mendapat enam hasil imbang di Anfield.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama
Laga dimulai dengan alot. Baik Liverpool maupun Manchester City berupaya memenangi penguasaan bola.

Baru tiga menit laga berjalan, kartu kuning sudah keluar dari kantong wasit. Thiago Alcantara dihukum wasit karena tekel terlambatnya ke arah Ilkay Guendogan.

Kedua tim banyak memegang dan mengalirkan bola, tapi minim penetrasi hingga 20 menit pertama. Baru di menit ke-25 peluang cukup serius diciptakan Liverpool.

Trent Alexander-Arnold mendapatkan bola di sisi kanan, lalu melewati dua bek untuk melepaskan umpan silang. Bola disambut sundulan Sadio Mane di depan gawang, namun masih melambung.

Peluang lain dari Liverpool empat menit berselang. Bola liar hasil sapuan pertahanan Man City jatuh ke jangkauan Firmino dan disambar dengan tendangan voli. Ederson Moraes sigap menepis ke atas gawang.

Phil Foden berlari sendirian melakukan serangan balik setelah Man City mematahkan sepak pojok Liverpool. Serangannya dipotong Curtis Jones yang jadi pemain terakhir Liverpool sebelum kiper.

Penalti! Man City mendapatkan penalti pada menit ke-36 usai Raheem Sterling diganjal Fabinho. Ilkay Guendogan maju sebagai eksekutor, tapi tembakannya melambung di atas gawang!

Liverpool mendapatkan kesempatan dari bola mati di depan kotak penalti Man City pada menit ke-43. Thiago mencoba melepaskan tembakan langsung, tapi membentur pagar betis.

Dari sepak pojok yang dihasilkan, peluang kembali diciptakan Liverpool. Umpan lambung Alexander-Arnold ditanduk Mane di depan gawang, namun masih tepat ke pelukan Ederson. Babak pertama berakhir

Babak Kedua
Baru dua menit babak kedua berjalan, Man City mencetak gol. Menyerang dari sisi kiri, umpan Foden diterima Sterling yang kemudian menusuk dan mengoper lagi ke Foden.

Foden menembak, tapi bisa dihalau Alisson. Bola bergulir liar di depan gawang Liverpool sampai kemudian dicocor Guendogan.

Peluang lain untuk Man City di menit ke-53. Foden merangsek dari kiri dan mengirim umpan silang. Bola mengarah ke Sterling tapi ia gagal menyambutnya.

Liverpool balas mengancam di menit ke-58. Curtis Jones merangsek dari kiri, lalu melepaskan tembakan mendatar kaki kanan yang masih membentur bek Man City. Sepakannya bergulir tipis ke kanan gawang.

Penalti, Liverpool mendapatkan penalti berkat kecerobohan Ruben Dias. Ia gagal menguasai bola dan diserobot oleh Mohamed Salah, yang tinggal menghadapi gawang.

Dias menarik lengan Salah hingga penyerang Liverpool itu terjatuh dan berujung penalti. Salah mengambil kesempatan itu dan menaklukkan Ederson.

Man City sempat mencetak gol di menit ke-71 dari tendangan bebas. Umpan lambung dari Foden disambar John Stones, tapi wasit menganulir gol ini karena offside.

GOL, Man City kembali memimpin dua menit berselang berkat kesalahan Alisson saat membuang bola dari kotak penalti. Tendangannya jatuh di kaki Foden, yang lantas merangsek melewati dua pemain untuk mengoper ke Guendogan di depan gawang.

Dengan tenang Guendogan membelokkannya ke gawang Liverpool.

GOL! Man City mencetak gol ketiganya lagi-lagi akibat kesalahan Alisson. Alisson salah oper ke Bernardo Silva saat pertahanan Liverpool memainkan bola di di area sendiri untuk memancing tekanan dari Man City.

Bernardo Silva menggiring bola mendekati gawang, lalu dengan cerdik mencungkilnya melewati atas Alisson. Di depan gawang, Sterling dengan mudah menyundul bola untuk jadi gol.

4-1! Man City menambah gol di menit ke-83 lewat aksi brilian Foden. Menerima umpan silang Gabriel Jesus di sisi kanan, Foden merangsek ke tengah lalu melepaskan tembakan keras dengan kaki kiri. Alisson tak kuasa membendung. Tak ada lagi gol yang tercipta sampai laga tuntas.

Susunan pemain:

Liverpool: Alisson, Alexander-Arnold, Fabinho, Henderson, Robertson (Tsimikas 85′), Thiago (Shaqiri 68′), Wijnaldum, Jones (Milner 68′), Salah, Firmino, Mane

Manchester City: Ederson, Joao Cancelo, Stones, Dias, Zinchenko, Bernardo Silva, Rodri, Gundogan, Mahrez (Gabriel Jesus 72′), Sterling, Foden.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button