Trending Topik

Dubes Sukmo Harsono Fasilitasi Kerja Sama Antar Universitas Indonesia, Panama, dan Kosta Rika

Abadikini.com, PANAMA – Guna menjajaki peluang kerja sama antar universitas di Indonesia – Panama, dan Indonesia – Kosta Rika, KBRI Panama City berkolaborasi dengan Universitas Gunadarma Jakarta menggelar diskusi virtual pada 5 Februari waktu Panama.

“Indonesia dan Panama secara resmi menjalin hubungan bilateral pada 1979, sementara Indonesia dan Kosta Rika pada 1985. Namun, hingga kini rakyat Indonesia masih belum banyak tahu Panama dan Kosta Rika, begitu juga sebaliknya”, ujar Dubes RI Sukmo Harsono pada saat membuka kegiatan Pertemuan secara virtual yang berlangsung pada Jumat (5/2/2021) pukul 20.30 WIB atau 08.30 waktu Panama.

“Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah peningkatan people-to-people contact melalui kerja sama antar universitas”, lanjut Sukmo.

Kegiatan dihadiri oleh 65 peserta dari 9 Universitas di Indonesia, Panama, dan Kosta Rika. Universitas dari Indonesia yang berpartisipasi yakni Universitas Gunadarma, STIMATA, STIENUS, STMIK Jakarta, dan AKMRTV.

Sedangkan universitas dari Panama yakni Universidad de Panamá, dan Universidad Tecnologica de Panamá. Adapun universitas dari Kosta Rika yang ikut serta yakni Universidad de Costa Rica, dan Universidad Nacional de Costa Rica.

Sukmo juga menyampaikan bahwa Indonesia memiliki total lebih dari 4.000 Universitas Negeri dan Swasta. “Dari ribuan universitas tersebut, Universitas Gunadarma merupakan salah satu Universitas Swasta terbaik di Indonesia yang siap bekerjasama dengan Universitas di Panama dan Kosta Rika,” ujar Waketum nonaktif dari Partai Bulan Bintang (PBB) ini.

Sementara Rektor Gunadarma E.S. Margianti SE, menyampaikan bahwa Universitas Gunadarma siap menjalin kerja sama yang konkret dengan universitas di Panama dan Kosta Rika.

Selama kegiatan berlangsung, setiap universitas yang berpartisipasi menyampaikan profil universitas masing-masing dan program kerja sama yang dimiliki. Pada sesi diskusi, seluruh peserta sepakat pada rencana aksi untuk memulai proses MoU untuk memformalkan kerja sama menyelenggarakan webinar secara reguler agar mahasiswa Indonesia dapat mengenal lebih dekat Panama dan Kosta Rika, serta sebaliknya.

Kursus bahasa Spanyol dan Indonesia secara virtual, proyek joint-research, publikasi penelitian bersama, serta pertukaran pelajar dan dosen dari masing-masing universitas.

Hal lain yang menarik dalam proposal kerja sama yakni pendirian Indonesian Corner sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan mengenai Indonesia ke komunitas universitas Panama dan Kosta Rika.

Universitas di Panama dan Kosta Rika diajak untuk menyediakan ruang khusus guna diisi dengan berbagai hal dan aktivitas mengenai Indonesia seperti perpustakaan Indonesia, atau barang-barang budaya Indonesia yang menarik untuk dipelajari.

Dalam tanggapannya, perwakilan dari Universidad de Panamá dan Universidad Tecnologica de Panamá menyambut baik usulan pendirian Indonesian Corner, dan siap berkolaborasi untuk mengimplementasikannya.

“Indonesia merupakan sebuah emerging power country dan banyak hal yang bisa dipelajari oleh Panama dari Indonesia”, ujar wakil dari Universidad de Panamá, Ronel Solís.

Diakhir acara, Fungsi Pensosbud KBRI Panama City, I Nyoman Try Sutrisna menyampaikan ucapan terima kasih kepada setiap pihak yang berpartisipasi serta menyatakan bahwa KBRI Panama City selalu siap memfasilitasi pertemuan dan komunikasi antar universitas di Indonesia dengan universitas di wilayah akreditasinya.

Baca Juga

Back to top button