Trending Topik

Benarkah Anies Baswedan Masuk dalam 21 Tokoh Pahlawan Trasportasi 2021 versi TUMI?

Abadikini.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masuk sebagai pahlawan 2021 dalam sebuah rilis lembaga penelitian Transformative Urban Mobility Initiative (TUMI).

Dalam “21Heroes2021” lembaga itu memuat 21 pemimpin dan figur publik yang dirasa berhasil mentransformasi mobilitas publik yang berdampak pada peningkatan kualitas hidup seluruh warga.

Berada di urutan ke-17, Anies diapresiasi karena dinilai mampu membawa Jakarta lebih baik, meski di tengah pandemi COVID-19.

Dikutip dari laman resmi TUMI, di tengah sumber daya yang semakin langka di Jakarta selama pandemi COVID-19, Anies dianggap memiliki banyak ide dan inovasi.

Beberapa ide itu menyangkut dalam hal mobilitas masyarakat, terutama peningkatan layanan bus dan pembangunan jalur sepeda sepanjang 63 kilometer.

“Kota itu (Jakarta) menuju tujuan bersama untuk menciptakan tempat yang adil, transportasi yang terjangkau dan influsif bagi semua. Sebelum pandemi, Anies melihat sistem transportasi Jakarta untuk menciptakan sistem transformatif dan terintegrasi dari berbagai moda transportasi,” tulis penjelasan TUMI seperti dikutip Jumat (5/2/2021).

Selain itu, Anies juga diapresiasi karena upayanya menciptakan transportasi publik yang terintegrasi dan terjangkau bagi masyarakat, melalui rencana operasional bus listrik dan renovasi di ibu kota Jakarta seperti Moda Rara Terpadu (MRT) dan KRL Commuter Line yang terintegrasi. Sebelumnya, DKI Jakarta juga telah dianugerahi penghargaan ITPD Sustainable Transport Award (STA) 2020.

21 Heroes 2021 yang diadakan oleh TUMI ditujukan untuk menghormati mereka yang dinilai mencapai kesuksesan transportasi pada tahun 2020, terlepas dari tantangan yang dihadapi, untuk inisiatif mobilitas yang sukses dan berkelanjutan pada tahun 2021.

Sementara itu Elon Musk dimasukkan dalam daftar itu karena dianggap mampu mentransformasikan pikiran publik untuk moda transportasi elektrik yang ramah lingkungan dengan emisi yang bersih dalam sebuah moda transportasi ciptaannya di Tesla. Produk Tesla semuanya merupakan produk mobil listrik.

Selain Anies dan Elon Musk, ini 19 nama lain yang masuk di daftar itu:

1. Elke van den Brant (Menteri Brussels, Belgia)

2. Carlos Gadena Caitan (Kepala Dinas Transportasi Medellin, Kolombia)

3. Andriy Bilyy (Manager Transportasi dan Mobilitas Publik Lviv, Ukraina)

4. Dagmawit Moges (Menteri Transportasi Ethiopia)

5. Arun Bothra (Managing Director Capital Region Urban Transport (CRUT) Odisha, India)

6. Joe Ma (Deputi General Manager Shenzhen Bus Corp., China)

7. Dongho Chang (Insinyur Lalu Lintas, Seattle, Amerika Serikat (AS))

8. Nicolas Estupinan (Kepala Dinas Mobilitas Bogota, Kolombia)

9. Erion Veliaj (Walikota Tirana, Albania)

10. Felix Weisbrich (Kepala Bagian Jalan dan Taman di Friedrichshain Kreuzberg, Berlin, Jerman)

11. Birgit Hebein (Mantan Penasihat Kota Eksekutif untuk Perencanaan Kota, Lalu Lintas & Transportasi, Perlindungan Iklim, Perencanaan Energi dan Partisipasi Publik di Wina, Austria)

12. Nelson Marchezan Junior (Walikota Porto Alegre, Brasil)

13. Anne Hildago (Walikota Paris, Prancis)

14. Areli Carreon (Walikota bidang sepeda, Mexico City, Meksiko)

15. Jeffrey Tumlin (Direktur Transportasi, San Francisco Municipal Transportation Agency (SFMTA), California, AS)

16. Soumini Jain (Mantan Walikota Kochi, India)

17. Zannatul Ferdous (Walikota Singra, Bangladesh)

18. Hassan Ali Joho (Gubernur Mombasa, Kenya)

19. Karima Delli (Ketua Komite Transportasi di Parlemen Uni Eropa (UE).

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button