Webinar Nasional, Blok Masela Disorot Sejumlah Ahli dan Tokoh Maluku

Abadikini.com, AMBON – Acara webinar nasional di selenggarakan Indonesia Resources bertema Blok Masela untuk Siapa : untuk Rakyat Maluku, Pemerintah atau Corporate sangat seru dan menghadirkan suara – suara kritis dari sejumlah tokoh dari Maluku di berbagai penjuru, semalam pada pukul 19.00 – 23.00 WIB, Selasa (2/2/2021) lalu.

Selain peserta dan sejumlah tokoh dari Maluku, hadir pula ahli pertambangan Dr.Lukman Malanuang, pakar politik ekonomi dan KADIN Indonesia Muliansyah Abdurrahman, ahli hukum M. Fikri Rahantan, dan tokoh nasional Maluku Saadiah Uluputty ST yang juga Anggota DPR RI serta Tokoh Muda Maluku Freni Lutruntuhluy.

Webinar Nasional ini juga di madoratori oleh Pengurus DPP ALMULK Fera Kelmaskosu, tentu berjalan dengan baik dan penuh kekritisan oleh sejumlah peserta.

Menurut Direktur Eksekutif Institut Energi Pertambangan dan Industri Strategi, Dr. Lukman Malanuang bahwa suatu daerah harus tumbuh, berkembang dan maju dengan sumberdaya yang dimilikinya.

“Berdasarkan jenisnya Sumberdaya Alam (SDA) dibagi dua yakni SDA terbarukan dan SDA tidak terbarukan. Migas adalah sumberdaya yang tidak terbarukan (unrenewable resources),” kata Lukman dalam keterangan yang dikutip, Kamis (4/2/2021).

Lukman menambahkan terkait dengan Eksplorasi dan Eksploitasi Migas harus dilakukan dengan hati-hati agar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat setempat.

“Eksplorasi dan Eksploitasi Migas harus dilakukan dengan hati-hati agar dapat memberikan manfaat bukan saja untuk generasi sekarang namun juga untuk generasi yang akan datang,” Kata Pengurus Majelis Nasional KAHMI ini.

Sementara, KADIN Indonesia Yang di Wakilkan Muliansyah Abdurrahman juga memberikan argumentasi terkait dengan Blok Masela.

“Saya si melihat tiga hal dalam diskusi ini, setelah melihat Kesepakatan Pihak Pemerintah dan Corporate, apa kira – kira yang di dapatkan manfaat ekonomi bagi masyarakat Maluku,” Muliansyah.

Untuk itu, menurut Muliansyah pemerintah setempat perlu segera menyiapkan SDM dari masyarakat Maluku kuhusnya.

“Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Maluku diantaranya menjawab perusahaan industri, membuka lapangan kerja diatas pendapatan ekonomi dan menjemput investasi positif yang ada di Blok Maselah ini dengan cara menyiapkan SDM masyarakat Maluku,” regasnya.

Selanjutnya Anggota DPR RI asal Maluku Saadiah Uluputty juga memberikan masukan kepada peserta agar aspirasi, saran dan masukan terkait dengan Blok Masela.

“Saya secara pribadi siap melanjutkan masukan kritis dari semua peserta yang hadir dalam diskusi ini,” ujar Anggota DPR RI yang intens aktif bersama masyarakat ini.

Narasumber lain seperti Bung Freni Lutruntuhluy dan M. Fikry juga sangat kritis terhadap diskusi ini, karena mereka narasumber putra asli Maluku, sebagaimana kata Freni bahwa Blok Masela ini jangan sampai jadi menjadi Blok Masalah. Pungkas Freni, Tokoh Muda Asal Maluku Ini.

Baca Juga

Back to top button