Dipimpin AHY, Para kader Demokrat Keluhkan Iuran Bagi DPD Hingga DPC

Abadikini.com, JAKARTA – Selama kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Partai Demokrat rupanya jadi sorotan.

Putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu diketahui sering meminta dan memengut iuran dari tiap fraksi di DPD dan DPC Demokrat di daerah.

“Sehingga, menjadi beban teman-teman di daerah,” ujar Mantan Ketua Komisi Pengawas Partai Demokrat, Ahmad Yahya, Rabu (3/2)2021).

Cara tersebut sebelumnya tidak pernah terjadi di era Ketua Umum Partai Demokrat, Budi Santoso, alm Hadi Utomo, dan Anas Urbaningrum.

Lalu proses penentuan pasangan calon kepala daerah di provinsi, kabupaten/kota yang diusulkan Demokrat pada era Ketua Umum sebelumnya, diserahkan penuh kepada pengurus DPD dan DPC.

“Namun saat ini sepenuhnya ditarik ke DPP dan tidak memperhatikan usulan atau aspirasi daerah khususnya kabupaten/kota,” tandas dia.

Para kader Demokrat juga berharap meningkatnya ambang batas parlemen menjadi 7 persen. Namun faktanya, perolehan suara partai tersebut dalam dua kali Pemilu terakhir terus menurun.

Fakta lain adalah hasil Pilkada banyak yang gagal. Sehingga kader Demokrat di daerah berharap dapat dipimpin figur yang sudah matang, memiliki ekstra kemampuan kepemimpinan, pengalaman dan ketokohan.

Ahmad Yahya berharap Partai Demokrat dapat meraih kejayaan kembali ketika mengusung SBY sebagai Presiden hingga dua periode.

“Untuk mengembalikan kejayaan Demokrat seperti di tahun 2009,” ujarnya.

Baca Juga

Back to top button