Peredaran Ribuan Vaksin Covid-19 Palsu Berhasil Diungkap Polisi China

Abadikini.com, JAKARTA – Baru-baru ini polisi di China telah berhasil menangkap 80 orang pembuat vaksin Covid-19 palsu sekailgus menyita lebih dari 3 ribu vaksin covid-19 palsu sebagaimana diberitakan pada Selasa (2/2/2021)

Baca Juga

Polisi tidak mengungkapkan berapa banyak vaksin covid-19 palsu yang telah dijual namun mereka mengaku tahu dimana saja vaksin itu berakhir.

Pemerintah China bertekad menggelar kampanye vaksinasi covid-19 dengan target memvaksin 50 juta orang sebelum libur Hari Raya Imlek, pertengahan Februari ini.

Liburan Hari Raya Imlek biasanya diwarnai dengan kegiatan mudik jutaan orang meski, tahun ini, pemerintah meminta warga untuk di rumah saja karena pandemi covid-19. Produsen vaksin milik pemerintah, Sinpharm, telah mendapatkan izin untuk penggunaan darurat pada Desember lalu.

Diketahui, para pemalsu vaksin covid-19 itu mengisikan air garam ke dalam tabung dan menjualnya sebagai vaksin covid-19. Mereka telah melakukan aksi itu sejak September lalu.

Sebelumnya terungkap sejak awal pandemi, akhir 2019 lalu, China telah mendakwa ribuan orang terkait kejahatan pandemi, termasuk menyebarkan rumor, menutupi infeksi, dan tidak mematuhi protokol kesehatan.

China juga tidak asing dengan skandal vaksin. Pada 2018, produsen vaksin Changsheng Bio-Technologi didenda sebesar US$1,3 miliar setelah terbukti kualitas vaksin mereka di bawah standar.

 

Baca Juga

Back to top button