Mengintip Keindahan Danau Sentani

Abadikini.com, JAYAPURA – Salah satu danau di ujung timur Indonesia ini memiliki segudang keindahan yang tiada taranya. Menyusuri danau ini sama dengan belajar mengenai tradisi dan wajah alam Papua. Danau Sentani selalu menjadi tujuan untuk menyegarkan pikiran bagi mereka yang selalu haus akan keindahan alam

Untuk mencapai lokasi Danau Sentani dari kota Jayapura anda bisa berkendara selama kurang lebih 30 menit ke arah barat.

Danau yang juga dekat dengan Pegunungan Cyclops di sebelah utara ini diseklilingnya terdapat 24 desa yang dihuni oleh penduduk yang cukup ramah dan juga kreatif. Kerajinan tangan yang mereka buat dan hasilkan merupakan salah satu yang terbaik di tanah Papua.

Danau yang berada di ketinggian 75 meter di atas permukaan laut dengan luas 9.360 hektar ini juga merupakan tempat tinggal bagi berbagai jenis ikan. Diperkirakan ada paling tidak 33 jenis ikan dan hampir separuhnya merupakan ikan asli Danau Sentani.

Salah satu ikan asli danau ini adalah ikan gergaji, yang sayangnya menurut beberapa orang sudah punah dan tidak akan ditemui lagi. Saat ini ikan gergaji menjadi salah satu ornamen adat pada kerajinan kayu masyarakat asli Sentani.

Untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke tempat ini, pemda setempat menggelar Festival Danau Sentani. Festival ini sebagai acara rutin tahunan yang menampilkan seni dan budaya Papua. juga berbagai kuliner khas Papua dapat ada nikmati di sini.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button