Beredar Kabar Partai Demokrat Sedang Diobok-obok Orang Dalam Istana, Benarkah?

Abadikini.com, JAKARTA – Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) merasa gerah dengan orang yang berada di lingkaran kekuasaan Presiden Jokowi.

Baca Juga

Menurutnya saat ini ada sejumlah Jenderal orang dalam istana negara yang akan menggulingkan kekuasaannya sebagai ketum Demokrat demi kepentingan politik di 2024 mendatang.

Lalu siapa pejabat yang dimaksud AHY?

Hingga berita ini ditulis belum ada satu pun pengurus Demokrat yang bersedia mengungkap siapa tokoh yang dimaksud AHY. Namun, Wasekjen Partai Demokrat Jansen Sitindaon memberi sinyal bahwa pejabat tersebut merupakan seorang jenderal.

Jansen bahkan menyebut, eks Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berjasa kepada sang jenderal tersebut.

“Aku hanya ingin mengetukmu sebagai sesama orang yang di dalam diri kita ada jasa Pak SBY. Kudoakan engkau baik-baik saja jenderal, tidak kena karma atas lupanya engkau akan sejarah dirimu,” ujar Jansen dalam akun Twitternya, Senin (1/2/2021).

Selain itu, Jansen berharap Partai Demokrat kuat menghadapi cobaan tersebut. Sebab, selama ini badai sudah beberapa kali menerpa Demokrat, namun partai ini selalu kuat bertahan.

“Sudah hampir 12 tahun aku di partai ini. Berproses dari bawah dengan juga memimpin DPC. Telah beberapa kali badai datang dari luar maupun dalam. Dan engkau selalu kuat, solid dan bertahan Demokratku. Jangankan yang sehat, aku yang sakit ini pun akan maju melawan yang mengganggumu. Solid di bawah AHY!,” tutur Jansen.

Pertanyaannya, siapa jenderal yang saat ini menjadi pejabat di lingkaran terdekat Jokowi dan pernah bersinggungan dengan SBY?

Mengutip dari Kumparan, ada beberapa jenderal baik TNI maupun Polri yang menjadi pejabat Jokowi maupun menjadi menteri. Di lingkaran terdekat, maksudnya di Istana, ada Kepala Kantor Staf Presiden Jenderal Moeldoko.

Di era SBY, Moeldoko pernah menjadi KSAD yaitu pada periode 20 Mei 2013-30 Agustus 2013. Di era SBY pula, Moeldoko menjadi Panglima TNI yaitu dari 30 Agustus 2013-8 Juli 2015.

Kemudian ada pula Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Namun, Luhut tidak pernah menjadi pejabat pemerintahan di era SBY. Dari segi angkatan, Luhut merupakan senior SBY.

Ada pula eks Panglima ABRI Jenderal (Purn) Wiranto yang kini merupakan Ketua Wantimpres. Sama seperti Luhut, Wiranto merupakan senior SBY. Di era SBY, Wiranto juga tak punya jabatan di pemerintahan.

Kemudian ada 2 jenderal polisi saat ini. Pertama, Mendagri Tito Karnavian dan Kepala BIN Budi Gunawan. Di era SBY, Tito merupakan Kapolda Papua dan Kepala Densus 88. Sementara itu, Budi Gunawan di era SBY pernah menjadi Kalemdikpol, Kapolda Bali, dan Kapolda Jambi.

Kira-kira siapa ya guys, kita tunggu saja kabar selanjutnya.

Baca Juga

Back to top button