WHO Hari Ini Mulai Investigasi Asal Muasal Covid-19 Muncul di Wuhan

Abadikini.com, WUHAN – Tim Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) memulai lakukan penyelidikan guna mengetahui asal muasal virus corona (covid-19) di Wuhan, China pada hari ini, Jumat (29/1/2021).

Setelah sebelumnya, tim WHO menjalani karantina selama dua pekan di negara, dan kini mereka telah dinyatakan sehat bebas cari covid-19.

Melansir dari Reuters, WHO menyebut, pada Jumat ini tim akan bertemu ilmuwan China. Usai pertemuan, penyelidikan dilanjutkan ke lab, pasar, dan rumah sakit di Wuhan.

Tim WHO rencananya akan melakukan investigasi selama dua depan. Mereka dijadwalkan mengunjungi pasar hewan makanan laut yang juga menjual hewan liar. Dimana virus corona diduga lahir di tempat itu.

Selain pasar, tim juga akan berkunjung ke Institut Virologi Wuhan. Sebab menurut mereka, ada dugaan wabah corona muncul karena kebocoran di lab tersebut.

Misi investigasi ini sempat tertunda pelaksanaannya. Sebab, China pernah menolak memberi akses masuk.

China kemudian dituduh menyembunyikan fakta terkait lahirnya virus yang kini telah menginfeksi 100 juta orang dan memakan korban jiwa 2,1 juta orang itu.

Sebelum memulai investigasi, seorang anggota tim asal Denmark, Thea Fischer, menegaskan, penyelidikan hanya akan berhasil bila mereka diberi akses secara luas oleh China.

“Penting diingat kesuksesan misi dan pelacakan 100 persen tergantung akses terhadap sumber relevan,” ucap Fisher seperti dikutip dari Reuters.

“Tidak peduli seberapa kompeten kami, seberapa keras kerja kami dan berapa batu yang kami putar, ini hanya mungkin terjadi bila ada dukungan pemerintah China,” sambung dia.

Sejak awal pandemi virus corona, asal muasal wabah berbahaya ini selalu jadi perdebatan panas.

Meski mayoritas orang di dunia percaya corona lahir di China, Beijing menolak dugaan itu. China yakin virus sudah lahir sebelum muncul di Kota Wuhan.

Baca Juga

Back to top button