Aktivitas Gunung Merapi Masih Tinggi, Masyarakat Diimbau Waspada

Abadikini.com, JAKARTA – Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Eko Budi Lelono menyampaikan hasil pemantauan yang dilakukan oleh Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Badan Geologi Kementerian ESDM terhadap aktivitas terkini Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Jawa Tengah-Yogyakarta.

“Rabu 27 Januari 2021, telah terjadi 52 awan panas guguran di Gunung Merapi dengan jarak luncur maksimal 3 kilometer ke arah barat daya terutama di hulu Kali Boyong dan Krasak. Sempat dilaporkan kejadian hujan abu di beberapa tempat. Hal ini wajar mengingat material halus produk erupsi dapat terbawa oleh angin,” ujar Eko dalam keterangan persnya, Kamis (28/1/2021).

Ia menyebutkan, aktivitas vulkanik Gunung Merapi terus mengalami kenaikan sejak Oktober tahun 2020 lalu. Badan Geologi telah menaikkan status Gunung Merapi dari Waspada ke Siaga pada 5 November 2020. Selanjutnya, pada tanggal 4 Januari 2021, Gunung Merapi akhirnya mengalami erupsi yaitu berupa erupsi efusif yang ditandai dengan munculnya api diam di sekitar Lava 1997.

“Gunung Merapi memiliki ciri erupsi yang khas yaitu dengan tipe erupsinya yang disebut sebagai Tipe Merapi dengan aktivitasnya berupa pertumbuhan kubah lava, kemudian terjadi guguran lava dan awan panas guguran,” ujar Eko.

Pada awal tahun, tepatnya tanggal 7 Januari 2021, awan panas pertama terjadi di Gunung Merapi. Hingga saat ini, tercatat 95 kali awan panas guguran dengan jarak luncur terjauh 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi. Jarak luncur awan panas ini masih dalam jarak rekomendasi bahaya yang ditetapkan oleh BPPTKG-PVMBG-Badan Geologi, yaitu sejauh maksimal 5 kilometer dari puncak.

Sehubungan dengan hal tersebut, imbuh Eko, hingga sampai hari ini (28/01/2021), aktivitas Gunung Merapi dinyatakan masih tinggi dengan aktivitas berupa awan panas guguran dan guguran lava. Data seismik masih didominasi oleh kegempaan karena aktivitas guguran, sedangkan laju deformasi EDM cenderung landai.

BPPTKG Badan Geologi pun terus berupaya dalam mitigasi bahaya Gunung Merapi, baik melalui pemantauan, penilaian bahaya, penyebaran informasi, dan sosialisasi aktivitas Gunung Merapi terkini.

Masyarakat diimbau agar tetap waspada terhadap bahaya lahar terutama saat terjadi hujan seperti yang masih sering terjadi pada bulan-bulan ini, menjauhi daerah bahaya serta selalu mengikuti informasi aktivitas terkini dan rekomendasi dari BPPTKG, pemerintah daerah, dan BPBD setempat.

Sumber Berita
Humas ESDM

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker