Trending Topik

Dubes RI untuk Panama Sudah Bisa Bekerja di Wilayah Nikaragua

Abadikini.com, PANAMA – Dubes RI untuk Panama dan Nikaragua Sukmo Harsono telah menyerahkan salinan surat kepercayaan (Kredensial) kepada Menteri Luar Negeri Nikaragua Denis Moncada, pada Senin (25/1) waktu setempat. Penyerahan tersebut dilakukan secara virtual karena masih kondisi Covid-19.

“Terima kasih atas dukungan Pemerintah Nikaragua kepada Menlu Indonesia Retno Marsudi sebagai Co-Chair COVAX Advanced Market Commitment (AMC) Engagement Group,” kata Sukmo yang juga wakil ketua umum nonaktif Partai Bulan Bintang (PBB).

Sukmo juga mengucapkan simpati dan belasungkawa atas dampak badai Eta dan Iota di Nikaragua. Selain itu, kata Sukmo, Menlu Nikaragua menyampaikan pesan duka cita dari Presiden Nikaragua atas musibah gempa di Sulawesi Barat.

“Pemerintah Indonesia dan Menlu Nikaragua sepakat untuk terus meningkatkan hubungan dagang dan investasi yang saat ini masih rendah. Diharapkan dengan kerja sama ini bisa meningkat di tahun-tahun yang akan datang,” jelasnya.

Istimewa. Foto: dok.KBRI Panama City

Dubes RI untuk Panama yang juga merangkap Republik Honduras, Republik Kosta Rika, dan Nikaragua ini menambahkan bahwa, Menlu Nikaragua juga mengharapkan adanya timbal balik atas prinsip penghormatan dan non- interference atas urusan dalam negeri suatu negara, sebagaimana dilakukan selama ini oleh Pemerintah Nikaragua.

“Menlu Nikaragua tetap akan berkunjung ke Indonesia setelah pandemi Covid-19 dirasa cukup menurun dan terkendali,” ucap Sukmo.

Dengan telah diterimanya salinan Kredensial ini, Presiden Nikaragua melalui Menlu menyatakan Dubes RI sudah bisa bekerja sepenuhnya di wilayah Nikaragua guna kepentingan dagang, politik dan hubungan internasional saling menguntungkan kedua belah pihak.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker