DPR AS Akan Makzulkan Donald Trump 

Abadikini.com, WASHINGTON DC – Perwakilan House of Representatives (HOR) atau DPR Amerika Serikat (AS) secara resmi mengirim pasal pemakzulan mantan Presiden AS, Donald Trump, ke Senat pada Senin (25/1) waktu setempat.

Dilansir dari AFP, Selasa (26/1/2021), sembilan anggota DPR AS yang menjadi manajer pemakzulan bertugas membawa dokumen berisi pasal pemakzulan Trump ke ruang sidang Senat AS. Mereka berjalan dengan tenang melewati lorong Kongres AS yang sama, yang diserbu pendukung Trump pada 6 Januari lalu.

Adapun pasal pemakzulan Trump, yakni menghasut pemberontakan, kemudian diserahkan kepada Sekretaris Senat AS. Anggota DPR AS dari wilayah Maryland, Jamie Raskin, kemudian membacakan dengan lantang pasal pemakzulan yang dijeratkan pada Trump di ruang sidang Senat AS pada Senin (25/1) waktu setempat.

Hal ini menandai dimulainya proses sidang pemakzulan Trump, atau yang berarti, Senat AS akan menggelar sidang pemakzulan pertama untuk seorang mantan Presiden AS. Trump sendiri sudah dua kali dimakzulkan oleh DPR AS.

Dijadwalkan, sidang pemakzulan Trump akan digelar oleh Senat AS mulai 8 Februari mendatang. Ini berarti ada waktu dua pekan untuk bersiap menghadapi persidangan tersebut.

Diketahui, Ketua Mahkamah Agung AS, hakim agung John Roberts, memimpin sidang pemakzulan Trump sebelumnya di Senat AS, yang berakhir dengan pembebasannya pada 13 Januari 2020 lalu. Untuk kali ini, yang akan memimpin jalannya sidang pemakzulan adalah president pro tempore Senat.

President pro tempore merupakan Senator paling senior dari partai politik yang mendominasi Senat AS. Dengan Partai Demokrat saat ini mendominasi Senat, maka Senator Patrick Leahy yang berusia 80 tahun, terpilih sejak tahun 1974, yang merupakan president pro tempore yang akan memimpin sidang pemakzulan Trump.

“President pro tempore secara historis pernah memimpin sidang pemakzulan Senat terhadap non-presiden,” kata Leahy.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker