Trending Topik

Presiden Jokowi Ungkap Potensi Wakaf Sangat Besar di Indonesia

Abadikini.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan potensi wakaf di Indonesia sangat besar. Ia mengungkapkan, potensi aset wakaf di Indonesia mencapai Rp 2.000 triliun per tahunnya.

Hal tersebut Jokowi katakan saat meluncurkan Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU) dan Brand Ekonomi Syariah yang disiarkan lewat YouTube Sekretariat Presiden, Senin (25/1/2021).

“Potensi wakaf sangat-sangat besar di negara kita. Potensi aset wakaf per tahun mencapai Rp 2.000 triliun, dan potensi wakaf uang bisa menembus angka Rp 188 triliun,” ujar Jokowi.

Untuk itu, Jokowi ingin pemanfaatan wakaf tidak lagi hanya tujuan ibadah. Jokowi katakan, tujuan wakaf mesti dikembangkan untuk mengurangi kemiskinan dan ketimpangan di dalam masyarakat

“Oleh karena itu kita perlu perluas lagi cakupan pemanfaatan wakaf, tidak lagi terbatas untuk tujuan ibadah tapi dikembangkan untuk tujuan sosial ekonomi yang memberikan dampak signifikan bagi pengurangan kemiskinan dan ketimpangan sosial dalam masyarakat,” katanya.

Selain itu, Jokowi mengatakan bukan hanya untuk meningkatkan kesadaran dan literasi ekonomi dan keuangan syariah. Menurutnya, sebagai upaya memperkuat kepedulian dan solidaritas untuk untuk mengatasi kemiskinan.

“Tetapi sebagai upaya memperkuat rasa kepedulian dan solidaritas sosial untuk mengatasi kemiskinan dan ketimpangan sosial di negara kita,” pungkasnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker