Tanggapi Mbak You, Gus Miftah: Ramalan Itu Haram Menurut Islam

Abadikini.com, JAKARTA – Paranormal kejawen Mbak You masih jadi perbincangan hangat di media sosial saat ini usai meramalkan akan ada penjarahan dan pergantian presiden di tahun 2021.

Apalagi setelah ia kini dilaporkan ke polisi atas tuduhan penyebaran berita tidak pasti dan bisa memicu keresahan di masyarakat.

Bahkan Mbak You sempat beberapa kali curhat bagaimana dirinya dihujat oleh banyak orang di media sosial gegara hal itu. Ia sempat disebut tak beragama karena menjual ramalannya.

Menanggapi soal ramalan Mbak You, Miftah Maulana Habiburrahman atau biasa akrab disapa Gus Miftah memberi tanggapan lewat dalil agama Islam.

Hal tersebut diungkap oleh Gus Miftah saat datang ke podcast Deddy Corbuzier yang tayang Minggu (24/1/2021).

Awalnya, Deddy Corbuzier membahas soal pengakuan Mbak You yang menikah dengan ular siluman

Namun Deddy meminta Gus Miftah untuk membahasnya dari sisi agama.

“Gue mau ngebahas tentang psikologinya, tolong bantu saya bahas tentang agamanya,” ujar Deddy.

Menurut Deddy Corbuzier, ia bisa mengatakan begitu karena ada gangguan di otaknya atau disebut skizofrenia.

“Kalau menurut psikologinya, orang-orang seperti ini mengalami¬†schizophrenic. Halusinasi, pokoknya kekacauan di saraf-saraf otaknya yang akhirnya membuat dia berpikir itu nyata padahal nggak nyata,” lanjutnya.

Deddy pun mengatakan bahwa itulah alasannya mengapa ia tidak percaya dengan kata-kata Mbak You.

“Jadi saya tidak percaya semua cerita itu karena ilmunya psikologi. Sekarang kita balik ke ilmu agamanya. Apakah di agama Islam hal seperti ini tuh boleh apa tidak?” tanya Deddy.

“Ramalan itu bagian dari kahin, kahin itu dukun dan itu diharamkan oleh agama,” jawab Gus Miftah dengan tegas.

Namun ada beberapa umat mukmin yang memang mendapat firasat karena hubungannya dekat dengan Tuhan.

“Kalau kayak umat-umat Islam itu orang mukmin yang dekat dengan Allah itu namanya firasat,” ujarnya.

“Tapi itu kalau bener ya. Tapi bisa aja orang-orang ini bohong kan? Bisa aja mengaku-ngaku dong?” celetuk Deddy.

Gus Miftah kemudian menegaskan lagi kalau apapun yang dikatakan Mbak You itu jenisnya ramalan dan itu adalah haram.

“Tapi yang dilakukan Mbak You itu jelas-jelas ramalan! Itu ngaco! Ramalan itu nggak boleh! Nanti jadi fitnah lho!” tegasnya.

“Islam mengharamkan segala jenis ramalan di masa depan, ilmu nujum dan semuanya haram hukumnya!” pungkas Gus Miftah.

Baca Juga

Back to top button