Trending Topik

Jokowi Optimistis di 2021 Ekonomi Indonesia Bangkit Menjadi Negara Maju

Abadikini.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo alias Jokowi menggaungkan optimisme untuk seluruh pihak bergerak di tengah situasi sulit akibat pandemi COVID-19 dan jadikan tahun 2021 sebagai momentum untuk bangkit dan bergerak menuju negara maju.

“Tahun 2021 adalah momentum kita semuanya untuk bangkit. Dan jika kita mampu melewati masa krisis ini dengan baik, kita akan lebih siap menjawab tantangan-tantangan ke depan. (Dengan) bertransformasi, negara kita menjadi sebuah kekuatan ekonomi baru, semakin tangguh, dan menjadi negara maju,” ujarnya seperti dikutip dari Setkab.go.id, Kamis (21/1/2021).

Ia menyampaikan sejumlah peluang dan tantangan yang harus dihadapi bersama baik jangka pendek, menengah, hingga jangka panjang. Dalam jangka pendek misalnya, bantuan sosial serta bantuan bagi pelaku UMKM akan terus dilanjutkan. Protokol kesehatan dan vaksinasi COVID-19 juga termasuk tantangan dan upaya yang akan diwujudkan dalam jangka pendek ini.

Kemudian, dalam jangka menengah, Presiden berbicara soal industri yang bakal dapat berkembang di masa pandemi saat ini seperti industri pangan, farmasi dan rumah sakit, teknologi jasa keuangan dan pendidikan.

“Saya melihat, dan ini perlu terus kita kembangkan, satu pangan, yang kedua farmasi dan rumah sakit, ketiga teknologi jasa keuangan dan pendidikan,” ungkapnya.

Adapun dalam jangka panjang, Presiden melihat ada dua peluang yang harus digarap oleh baik pemerintah maupun pihak dunia usaha, yakni produk dan ekonomi hijau serta digitalisasi.

Dengan menangkap semua peluang tersebut, Presiden berharap agar mulai tahun 2021 ini seluruh pihak dapat bersiap untuk bangkit dan melewati masa krisis sekaligus menjadikan Indonesia bertransformasi menuju sebuah kekuatan ekonomi baru dan menjadi negara maju.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker