Trending Topik

Bela Airlangga Soal Tak Umumkan Positif Covid-19, KSP: Kalau Menteri Cukup Beberapa Orang Yang Tahu

Abadikini.com, JAKARTA – Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko menaggapi segela pihak yang mempersoalkan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto tak umumkan ke publik prihal dirinya terinfeksi positif virus corona (Covid-19).

Moeldoko menjelaskan perihal status positif Covid-19 yang sempat dialami Menko Perekonomian Airlangga Hartarto tanpa diumumkan ke publik.

Sebab, Menurut pandangan Moeldoko, Airlangga tidak perlu mengumumkan statusnya tersebut. Yang paling penting, kata Moeldoko, adalah penelusuran kontak.

“Kalau terjadi di menteri, ya cukup beberapa orang yang tahu. Setelah itu ada langkah-langkah tindakan kesehatan yang harus dijalankan. Agar apa? Agar semua hal yang berkaitan dengan tracing itu bisa berjalan,” kata Moeldoko dalam rekaman suara yang diterima, Rabu (20/1/2021).

Moeldoko menjelaskan lingkungan kerja para menteri kecil. Sehingga, tidak sulit melakukan penelusuran kontak jika ada orang yang positif Covid-19.

Mantan Panglima TNI itu membandingkan dengan kerumunan masyarakat. Menurutnya, orang yang sempat terlibat kerumunan wajib mengumumkan status positif Covid-19.

“Berbeda kalau konteksnya ada seseorang yang karena berada di tengah-tengah masa yang sangat luas dan sulit dikontrol, maka ini apa harus diketahui dengan baik,” ujarnya.

Sebelumnya, Epidemolog Universias Indonesia Pandu Riono merespon keras aksi ketua umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang merahasiakan dirinya pernah positif Covid-19.

Apalagi, selain sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga juga merupakan Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

Pandu Riono pun menganggap bahwa langkah Airlangga Hartarto itu sebagai preseden buruk karena tidak jujur positif Covid-19.

“Ya saya menyesali itu dilakukan oleh Ketua Penanganan Covid-19. Kalau Airlangga saja tidak bisa memberikan contoh yang baik, ya gimana yang lainnya,” ujar Pandu dikutip JawaPos.com, Selasa (19/1/2021).

Bahkan tegas dia, Airlangga telah melakukan dosa besar jika ada orang lain tertular Covid-19 dari dirinya yang positif corona.

Karena tidak jujurnya seorang pejabat pemerintahan malah merugikan bagi orang-orang yang pernah melakukan kontak dengan dia.

“Tapi kalau ada yang sampai tertular karena prilakunya Pak Airlangga seperti itu, maka Pak Airlangga sudah berdosa,” katanya.

Baca Juga

Back to top button