Begini Arahan Jokowi Saat Tinjau Posko Evakuasi Sriwijaya Air SJ182

Abadikini.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau posko darurat evakuasi jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ-182. Jokowi tiba di International Container Terminal (JICT) II, Jakarta Utara bersama jajarannya.

Jokowi meminta kepada Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi untuk menindaklanjuti peristiwa kecelakaan tersebut. Termasuk juga penyelidikan sebab jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air ini.

“Saya ingin agar di bidang transportasi, keselamatan adalah yang utama. Oleh sebab itu, saya minta segera ditindaklanjuti, baik oleh KNKT atau Kementerian Perhubungan,” kata Jokowi di lokasi, Rabu (20/1).

Jokowi juga meminta kepada Menhub Budi Karya Sumadi agar dilakukan peningkatan terhadap pengawasan terhadap pesawat. Hal ini dirasa penting demi keselamatan para penumpang.

“Terutama pemeriksaan dan pengawasan terhadap pesawat-pesawat yang akan terbang demi keselamatan masyarakat, demi keselamatan penumpang,” katanya.

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan terima kasih, apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada tim SAR gabungan yang terdiri Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Badan SAR Nasional (Basarnas), TNI, Polri, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) serta seluruh unsur yang lainya.

“Sejak awal musibah sampai saat ini dan kita tahu telah ditemukan serpihan-serpihan yang besar maupun kecil, kemudian kotak hitamnya juga sudah, tinggal kita menunggu VCR-nya,” ungkapnya.

Jokowi juga menyampaikan duka cita yang mendalam kepada keluarga korban atas jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 ini. Jokowi meminta supaya santunan kepada keluarga korban bisa cepat diselesaikan.

“Kita saksikan penyerahan santunan, baik dr Jasa Raharja sebesar Rp 50 juta per penumpang dan santunan dari Sriwijaya sebesar Rp 1.25 miliar, dan sekali lagi, saya mengucapkan terima kasih atas santunan ini dan segera diselesaikan keseluruhan korban dan penumpang,” katanya.

“Saya juga ingin menyampaikan duka cita yg mendalam kepada keluarga, semoga diberikan keiklasan dan kesabaran,” ucapnya.

Baca Juga

Back to top button