Bahaya Minum Kopi Bagi Wanita, Kok Bisa Ya..?

Abadikini.com, JAKARTA – Khasiat Kopi dikenal memiliki berbagai manfaat kesehatan dan menjadi salah satu minuman favorit dan populer di berbagai kalangan. Meski demikian, kopi juga memiliki bahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Khsususnya bagi wanita, efek kopi harus diwaspadai karena dapat memengaruhi hormon. Jumlah yang disarankan adalah tak lebih dari empat cangkir kopi setiap hari.

Dilansir dari Mind Body Green, Pakar Kesehatan Wendie Trubow mengatakan efek negatif kopi bagi wanita karena kecenderungan metabolisme kafein lebih lambat dibanding pria. Hal ini juga berlaku ketika wanita meminum minuman alkohol.

Untuk diketahui, tubuh wanita memang dirancang bisa menghemat sebanyak mungkin energi dari apapun yang dikonsumsi. Cairan juga akan tertahan lebih lama dan proses metabolisme bahan kimia jauh lebih lambat pada tubuh wanita.

Jika wanita mengonsumsi kopi dalam kondisi perut kosong atau bahkan ketika mereka minum terlalu banyak kopi, efek negatif usai meminumnya akan lebih terasa, misalnya perasaan berdebar, gelisah, atau sulit tidur di malam hari.

Bahaya minum kopi untuk wanita juga menyangkut masalah hormonal. Hal ini terjadi saat wanita mengonsumsi kopi dengan tambahan gula, krim, atau pemanis lainnya. Penambahan gula akan menimbulkan kondisi lonjakan gula darah. Selain itu, kafein sendiri bisa membuat tubuh wanita memproduksi kortisol lebih banyak.

Hormon kortisol sebenarnya baik untuk kesehatan karena bisa mengatur tekanan darah dan kadar gula darah, namun jumlah kortisol yang terlalu tinggi bisa mempengaruhi kemampuan tubuh wanita dalam mengatur inflamasi.

Di malam hari, besar kemungkinan wanita akan sulit tidur karena kafein bisa bertahan di dalam tubuh selama 24 jam. Hal ini berarti asupan kopi di pagi hari masih bisa terasa efeknya di malam hari.

Kualitas tidur yang buruk memiliki beragam dampak negatif lainnya. Wanita bisa bangun tidur dalam kondisi lesu atau tidak segar.

Lebih parah lagi, kurang tidur berkaitan dengan produksi hormon sehat yang sedikit. Karenanya bagi wanita yang alami PCOS (Polycystic ovary syndrome) atau gangguan hormon pada masa produktif, fibroid, atau endometriosis disarankan untuk mengurangi atau tidak minum kopi sama sekali. (*)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker