Salawat dan Zikir Sambut Jenazah Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf, Berikut Latar Belakang Almarhum

Abadikini.com, JAKARTA – Ratusan pelayat turut mengantarkan jenazah Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf. Terlihat pelayat membeludak, saat mobil ambulance mengantar jenazah almarhum ke rumah duka di Jalan Tebet Utara II, Tebet , Jakarta Selatan, Jumat (15/1/2021) malam.

Dari pantauan VIVA di lokasi, para pelayat yang didominsai menggunakan pakaian serba putih itu membaca dzikir secara bersama dengan dipandu salah satu orang, saat mengiringi ambulance pengantar jenazah. Isak tangispu pecah menyambut kedatangan jenazah Habib Ali.

Dikabarkan, Habib Ali Assegaf wafat pada, Jumat (15/10 sore tadi. Setelah almarhum dirawat di Rumah Sakit Holistik, Purwakarta, Jawa Barat.

Habib Ali merupakan sosok ulama yang kharismatik. Banyak tokoh nasional yang kerap menemuinya, seperti Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Pada saat masih menjadi calon wakil presiden pemilu tahun 2019, Ma’ruf bersilaturrahmi ke rumah Habib Ali.

Ada juga Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Saat itu, pada Februari 2018, waktu menjabat kepala Polri, Tito berkunjung dan bersilaturahmi ke kediaman Habib Ali.

Habib Rizieq Shihab juga mengakui bahwa Habib Ali merupakan gurunya. Habib Ali menjadi sosok pertama yang ditemui Habib Rizieq sepulang dari Arab Saudi pada November 2020 lalu.

Latar Belakang Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf

Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf merupakan seorang ulama pengasuh Majelis Taklim melalui Yayasan Al-Afaf yang berlokasi di Bukit Duri, Tebet Utara, Jakarta Selatan.

Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf merupakan anak kedua dari pasangan Habib Ali bin Abdurrahman Ahmad Assegaf (Sayyidul Walid) dan Hj. Barkah binti Ahmad Fusyani. Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf lahir pada tahun 1945 di Bukit Duri, Jakarta.

Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf menikah dengan Syarifah Tuffahah binti Abdullah Al Haddad dikaruniai 7 orang anak yang bernama Syarifah Zahro, Habib Ahmad, Habib Muhammad, Syarifah Zainab, Habib Alwi, Syarifah Aisyah, dan Habib Toha.

Riwayat Pendidikan dan Karier Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf

Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf memulai pendidikan langsung di bawah bimbingan Ayahnya di Madrasah Tsaqafah Islamiyah, Bukit Duri. Ia juga berguru kepada berbagai ulama besar seperti Habib Asad bin Syahab, Habib Ali bin Husein Al-Athos, Habib Ali bin Abdurrahman Al-Habsyi, Habib Salim bin Ahmad bin Jindan, Muallim Ahmad Junaedi, RKH. Abdullah bin Nuh dan masih banyak yang lain.

Beliau dikenal sebagai sosok ulama kharismatik yang ramah, dan mudah akrab dengan siapapun. Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf juga dikenal sebagai guru dari Habib Rizieq Shihab.

Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf pernah mendirikan Madrasah Assaqafah untuk jenjang TK dan SD di Menteng Atas dan kemudian ia pindah ke Bukit Duri dan mendirikan Majelis Taklim Al-Afaf.

Nama Majelis Taklim Al-Afaf didapatkan dari pemberian salah satu gurunya yang bernama RKH. Abdullah bin Nuh. Seiring berjalannya waktu, Majelis Taklim Al-Afaf kini banyak disinggahi oleh berbagai ulama besar dari berbagai penjuru dunia.

Back to top button