Trending Topik

Ngeri, Korut Pamerkan Rudal Balistik Kapal Selam Tipe Baru jelang Pelantikan Presiden AS

Abadikini.com, JAKARTA – Korea Utara (Korut) kembali memamerkan persenjataan canggihnya, kali ini sebuah rudal balistik kapal selam tipe baru, disebut media pemerintah sebagai “senjata terkuat di dunia”.

Beberapa rudal dipamerkan dalam sebuah parade yang disaksikan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, seperti dilaporkan media pemerintah Korut, KCNA.

Pertunjukan kekuatan militer dari negara Asia Timur tersebut dilaksanakan beberapa hari sebelum pelantikan Presiden AS terpilih, Joe Biden. Ini juga menyusul pertemuan politik yang langka di mana Kim menyebut AS sebagai negara musuh terbesar negaranya.

Sejumlah foto yang dirilis KCNA menunjukkan sedikitnya empat rudal besar hitam dan putih diangkut melewati kerumuman yang melambaikan bendera Korea Utara.

Analis mengatakan rudal itu tak pernah ditunjukkan sebelumnya.

“Tahun baru, Pukguksong baru,” ujar ahli Korea Utara, Ankit Panda di Twitter, dikutip dari BBC, Jumat (15/1/2021).

Pukguksong adalah nama Korea Utara untuk rudal kapal selam balistik (SLBM).

Berkostum busana berbahan kulit dan topi bulu, Kim tertangkap kamera tersenyum dan melambai saat dia melihat senjata tersebut di Kim Il Sung Square di Pyongyang, yang juga dipamerkan bersamaan dengan pasukan infanteri, artileri, dan tank.

“Senjata terkuat di dunia, rudal kapal selam balistik, memasuki alun-alun satu demi satu, dengan kuat menunjukkan pasukan bersenjata revolusioner,” tulis KCNA.

 

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker