Trending Topik

Kekhawatiran PA 212 Bila Kapolri Dijabat Non Muslim, Akankah Ada Kriminalisasi Ulama??

Abadikini.com, JAKARTA – Wasekjen PA 212 Novel Bamukmin was-was terkait penunjukkan Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo oleh Presiden Jokowi.

Menurut pria yang pernah bekerja di Pizza Hut itu penunjukkan Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo yang beragama non muslim mudah-mudahan bisa memahami umat dan tidak ada lagi kriminalisasi ulama.

“Bukan tidak mungkin bisa saja Sigit bisa kebalikan dari Kapolri yang muslim sebelumnya. Yaitu bisa menghormati dan merangkul para ulama dan umat islam,” ujar Novel saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (15/1/21).

Meskipun demikian, Novel mengaku, ada semacam dilema yang menggelayut di benaknya, bila Kapolri baru non-Muslim.

Menurut pria yang pernah bekerja di Pizza Hut itu penunjukkan Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo yang beragama non muslim itu berpotensi tidak mewakili suara mayoritas.

“Memang suatu dilema kalau suatu kekuasaan atau jabatan dipegang oleh orang yang tidak mewakili mayoritas,” katanya.

Di tangan pemimpin Polri yang muslim saja, kata Novel, ada tindakan kriminalisasi ulama. Bahkan ada pembunuhan terhadap laskar khusus pengawal Habib Rizieq Shihab.

“Kapolri yang muslim, ulama dikriminalisasi. Bahkan terjadi pembantaian terhadap pejuang Islam yaitu enam laskar yang dibantai, dan ini menjadi kekhawatiran kami,” katanya.

Baca Juga

Back to top button