Menko Luhut Pamerkan Panorama Keindahan Danau Toba ke Menlu China Wang Yi

Abadikini.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) memamerkan keindahan Danau Toba, kepada Menteri Luar Negeri (Menlu) China Wang Yi yang sedang berkunjung ke Indonesia. Luhut mendampingi menteri yang hobi hiking itu untuk menikmati panorama tanah kelahirannya di Toba, Sumatera Utara, selama dua hari, Selasa-Rabu (12-13/1/2021).

Momen Menko Luhut dan Menlu China Wang Yi menikmati keindahan Danau Toba itu dibagikan dalam akun facebook Luhut Binsar Pandjaitan. Tampak dalam foto tersebut Luhut dan Wang Yi duduk di alam terbuka di kawasan Danau Toba nan indah dan mempesona.

Menurut Luhut, setiap kali dia datang kembali ke tanah kelahirannya, Tanah Toba, dia akan memilih kata “berkat”.

Sebab, setiap kali dia datang kembali ke sana, Luhut merasa selalu ada cerita dan pengalaman yang berkesan untuk dibagikan kepada masyarakat Indonesia. Salah satunya pengalamannya hari ini.

“Jika saya diminta menyebutkan satu kata tentang tanah kelahiran saya, Tanah Toba, saya akan memilih kata “berkat”. Mengapa ? karena setiap kali saya datang kembali kesana, saya merasa selalu ada cerita dan pengalaman yang berkesan untuk dibagikan,” kata Luhut dalam facebook pribadinya beberapa jam lalu, seperti dikutip Abadikini.com, Rabu (13/1/2021).

Menko Luhut Binsar Pamerkan Panorama Keindahan Danau Toba ke Menlu China Wang Yi. Foto: Facebook Luhun Binsar Pandjaitan

Berikut tulisan panjang Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan (LBP):

Jika saya diminta menyebutkan satu kata tentang tanah kelahiran saya, Tanah Toba, saya akan memilih kata “berkat”. Mengapa ? karena setiap kali saya datang kembali kesana, saya merasa selalu ada cerita dan pengalaman yang berkesan untuk dibagikan. Seperti hari ini ketika saya menemani sahabat lama saya, Menteri Luar Negeri Republik Rakyat Tiongkok, Bapak Wang Yi mengunjungi Danau Toba untuk melihat keindahannya secara langsung. Selama dua hari, mulai dari tanggal 12 hingga 13 Januari 2021 Bapak Wang Yi akan berada di Indonesia untuk melakukan beberapa agenda pertemuan bilateral dengan pemerintah Indonesia, tentunya dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat mengingat masa pandemi Covid-19 seperti sekarang.

Beberapa kali dalam lawatan saya ke Tiongkok, saya memang kerap menyampaikan undangan dan ajakan agar beliau berkunjung ke tanah kelahiran saya untuk melihat berkat Tuhan YME berupa Danau Kawah yang terbesar sekaligus tertua di dunia, dan hanya ada di Indonesia ini. Karena saya mengetahui bahwa Bapak Wang Yi punya hobi hiking dan memang sudah lama punya rencana untuk melihat potensi pariwisata disini, hari ini saya secara khusus mendampingi beliau bersama delegasinya untuk menikmati panorama perbukitan di Kaldera dan mengunjungi beberapa tempat bersejarah yang ada di sekitar Danau Toba.

Kesempatan safari beliau ke Asia Tenggara yang salah satunya ke Indonesia kali ini, betul-betul saya gunakan untuk membicarakan kerja sama investasi dan beberapa proyek strategis, pariwisata hingga pemulihan ekonomi nasional. Saya sampaikan harapan saya kepada beliau tentang adanya komitmen kuat untuk mengimplementasikan kesepakatan strategis bilateral kedua negara, sebelum sore hari ini Bapak Wang Yi bertemu dan mendengar langsung harapan Presiden Joko Widodo atas kerjasama kedua negara sahabat ini.

Menyaksikan secara langsung penandatanganan nota kesepahaman (MoU) terkait kerja sama di beberapa bidang seperti investasi dan perdagangan, pembangunan kapasitas SDM, serta pengembangan sains dan teknologi adalah berkat tersendiri bagi saya. Karena saya diberikan kepercayaan untuk terlibat langsung mengembangkan potensi tanah kelahiran saya sehingga terpilih sebagai salah satu destinasi wisata super prioritas. Saya berharap upaya-upaya kecil ini dapat menghasilkan manfaat dan berkat yang besar bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia terutama bagi masyarakat Toba Samosir yang selalu punya rasa bangga dan cinta yang besar pada tanah kelahirannya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker