Masyarakat Harus tahu Rizieq Shihab Itu Bukan Habib Tapi Syarif, Begini Kata Cak Nun

Abadikini.com, JAKARTA – Budayawan asal Yogyakarta Ema Ainun Nadjib (Cak Nun) membongkar istilah sebutan yang tepat bagi Habib Rizieq Shihab (HRS).

Menurut Cak Nun HRS lebih pantas dipanggil Syarif Rizieq. Seperti dikutip dari channel YouTube Qahar Quotes, Selasa (12/1/2021).

Dalam saluran itu, Cak Nun panjang lebar menjelaskan dalam suatu organisasi Islam, harus ada pemimpin atau sosok yang dihormati seluruh jamaah. Jika di Nahdlatul Ulama (NU) ada Dewan Mustasyar, maka di FPI ada Imam Besar, yakni melekat pada sosok HRS.

“Karena setiap keluarga (kelompok) itu harus ada mbahnya (orang yang dihormati),” ujar Cak Nun menggunakan bahasa Jawa.

Ayah dari vokalis band Letto itu memberi tahu kekeliruan soal pemaknaan kata Habib yang disematkan di nama HRS, lebih luas pemaknaan kata ‘Habib’ di Indonesia.

Sebab mereka yang dipanggil Habib, sejatinya merupakan dzurriyah atau zuriat Nabi Muhammad. Padahal belum tentu

“Jadi, (tokoh) yang memimpin aksi 212 dan 411, Rizieq Shihab itu bukan Habib, tapi (seharusnya dipanggil) Syarif Rizieq. Lho, pasti kalian semua bingung, kan?” tutur Cak Nun di hadapan para pendengarnya.

Cak Nun menjelaskan jika Syarif tepatnya panggilan buat turunan Sayyidina Husein. Kalau turunannya Sayyidina Hasan bin Ali itu Sayyid.

“Pokoknya, kalau bisa yang kayak begitu kita cari tahu. Saya kalau manggil Rizieq Shihab itu ‘rif, Syarif…’, gitu. Karena dia memang Syarif. Kalau Habib itu nggak ada hubungannya dengan zuriat atau darah Nabi Muhammad,” pungkasnya.

Baca Juga

Back to top button