Trending Topik

Komjen Listyo Sigit Disebut Calon Kuat Kapolri

Abadikini.com, JAKARTA – Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PKB Jazilul Fawaid mengungkapkan kriteria calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis. Salah satu kriterianya adalah kedekatan khusus dengan Presiden Joko Widodo. Sosok tersebut adalah Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo.

“Ya memang dari segi kedekatan pak Komjen Sigit, senioritas enggak lah. Pak Gatot, Pak Boy itu juga lebih senior. Tapi kedekatan itu Pak Sigit,” kata Jazilul di Jakarta, Senin (11/1/2021).

Menurutnya, selain kedekatan khusus, calon Kapolri akan dilihat dari segi kompetensi, prestasi, karir dan kepangkatan.

Untuk itu, dia menyebutkan bahwa meski ada empat calon Kapolri lain lebih senior, tapi faktor kedekatan dengan Jokowi tetap Sigit yang unggul.

“Ada yang macam-macam ditempatkan, tapi saya melihat yang akan jadi salah satu pertimbangannya adalah kedekatan khusus dengan presiden,” ujar Jazilul.

Waketum PKB itu membenarkan informasi, Presiden Jokowi akan mengirim surat terkait calon Kapolri pada lusa. Hanya satu nama yang akan disetor Presiden ke DPR.

“Satu nama saja dan itu lebih simpel,” ujar dia.

Sebelumnya, Kompolnas telah mengirimkan lima nama jenderal bintang tiga untuk dipilih Jokowi menjadi calon Kapolri. Lima nama tersebut yakni, Komjen Pol Gatot Eddy Purnomo, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Komjen Pol Boy Rafli Amar, Komjen Pol Arief Sulistyanto, Komjen Pol Agus Andrianto.

Baca Juga

Back to top button