Trending Topik

Ikut Iran, Pengadilan Irak juga Keluarkan Surat Perintah Penangkapan Donald Trump

Abadikini.com, BAGHDAD – Paska serangan pesawat tanpa awak milik Amerika Serikat (AS) menewaskan Wakil Kepala Jaringan Paramiliter Hashed Al-Shaabi Irak yaitu Abu Mahdi Al-Muhandis dan Jenderal Iran Qasem Soleimani di Bandara Baghdad pada 3 Januari 2019 lalu berbuntut panjang.

Pasalnya pengadilan Baghdad mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Presiden AS Donald Trump atas pembunuhan komandan milisi Irak dalam serangan tersebut.

Dilansir AFP pada Kamis (7/1/2021) melaporkan pengadilan Iran juga mengeluarkan surat perintah penangkapan Trump pada Juni 2020 dan meminta Interpol untuk menyampaikan surat tersebut namun belum ada respons dari Gedung Putih.

Pengadilan Baghdad Timur mengeluarkan surat penangkapan Trump berdasarkan pasal 406 KUHP yang mengatur hukuman mati yang berkaitan dengan kasus pembunuhan berencana.

Puluhan ribu warga Irak turun ke jalan di Kota Baghdad untuk memperingati satu tahun pembunuhan Qasem Soleimani dan Abu Mahdi al-Muhandis, pada Minggu (3/1). Massa meneriakkan slogan anti-Amerika dan menyerukan balas dendam.

Sebelumnya pada Kamis (31/12), Presiden Iran Hassan Rouhani menyebut pembunuhan Soleimani sebagai kejahatan tak termaafkan. Dia juga mengatakan balas dendam akan diputuskan pada waktu yang tepat.

Sementara itu, kepala IRGC Hossein Salami mengatakan negaranya siap untuk segala kemungkinan mengacu pada peningkatan ketegangan baru-baru ini dengan AS di kawasan Teluk.

Setelah pembunuhan Soleimani tahun lalu, Iran dan AS sempat berada di ambang konfrontasi militer secara langsung, meskipun pada akhirnya dapat dihindari.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker