Trending Topik

Vaksinasi Perdana 13 Januari, Jokowi Orang Pertama yang akan Disuntik Vaksin Covid-19

Abadikini.com, JAKARTA – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan vaksinasi covid-19 perdana akan dimulai Rabu (13/1) mendatang. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi orang pertama yang akan disuntik vaksin. Selain Jokowi, vaksin akan disuntikkan ke para menteri Kabinet Indonesia Maju.

“Penyuntikan pertama akan dilakukan pada Rabu depan (13/1), di Jakarta, oleh Bapak Presiden,” kata Budi di Kantor Kemendagri, Jakarta, Selasa (5/1/2021) seperti dikutip dari keterangan pers Kementerian Dalam Negeri.

Budi menjelaskan vaksinasi juga dilakukan di 34 provinsi pada hari yang sama. Ia meminta kepala daerah mengikuti proses vaksinasi agar masyarakat percaya dengan vaksin Covid-19.

Mantan Direktur Utama Bank Mandiri itu mengatakan vaksin akan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan. Ia meminta kepala daerah untuk melibatkan para tokoh tenaga kesehatan di daerah.

“Kalau ada tokoh kesehatan atau figur dokter yang berpengaruh, misalnya, untuk diikutsertakan,” ujar Budi.

Budi juga mengingatkan agar kepala daerah mengatur jadwal vaksinasi untuk tenaga kesehatan. Sebab para nakes kemungkinan butuh istirahat usai vaksinasi karena ada efek samping.

“Arahan dari Bapak Presiden, karena kemungkinan akan ada sedikit dampak, misalnya pegel sedikit, demam sedikit, jadi dalam satu Puskesmas, misalnya ada 4 perawat, jangan sampai di hari yang sama kita vaksin semua. Kita antisipasi betul efek itu, maka vaksin dulu untuk 2 orang,” tuturnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker