Trending Topik

Soal Isu Formasi CPNS untuk Guru di Hapus, Nadiem: Ini Salah, tidak ada Kebijakan di Kemendikbud

Abadikini.com, JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim memastikan rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk formasi guru bakal tetap ada.

Baca Juga

Pernyataan tersebut Nadiem ungkapkan merespons kabar mengenai Kemendikbud hanya akan merekrut guru untuk status Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) atau kontrak.

“Ingin saya koreksi mispersepsi di media bahwa tidak ada lagi formasi CPNS untuk guru, ini salah dan tidak pernah menjadi kebijakan Kemendikbud,” kata Nadiem seperti dikutip dari akun Instagram pribadinya, Selasa (5/1).

Meskipun demikian ia mengonfirmasi bahwa pada tahun ini, 2021, pemerintah hanya akan fokus merekrut satu juta guru berstatus PPPK guna memenuhi kebutuhan guru di banyak daerah.

Atas dasar itu, pada tahun ini, ia mendorong para guru honorer dan peserta lulusan Pendidikan Profesi Guru melamar lewat jalur PPPK. Nadiem menyebut, kinerja guru PPPK yang baik nantinya akan menjadi pertimbangan saat melamar menjadi CPNS.

“Kami terus memperjuangkan agar para guru mendapatkan kesempatan memperjelas status dan meningkatkan kesejahteraannya,” ujar mantan bos perusahaan perintis (startup) tersebut.

Baca Juga

Back to top button