Rocky Gerung Ungkap Sandiaga Uno Bakal Bingung Jalankan Tugasnya sebagai Menparekraf

Abadikini.com, JAKARTA – Pengamat politik Rocky Gerung mempertanyakan pengangkatan mantan wakil gubernur DKI Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menggantikan Wishnutama.

“Salah satu yang di-reshuffle kan Menteri Pariwisata, Sandiaga Uno. Ini kan sebenarnya pemerintah masih melihat pariwisata itu sebagai satu yang jadi andalan, jadi fokus. Padahal, justru persoalan pariwisata ini yang kemudian bisa membahayakan publik saat ini,” tutur Rocky seperti dikutip dari akun YouTube Rocky Gerung Official, Selasa (5/1/2021).

Rocky menilai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dikosongkan untuk sementara waktu seiring pandemi Covid-19 masih merajalela.

“Oke sampai dengan nanti, setahun ke depan, portofolio pariwisata itu, kementerian itu kita freeze dulu, tidak perlu ada penempatan,” kata Rocky.

Rocky juga menganggap Sandiaga Uno bakal kebingungan dalam melaksanakan tugas.

“Kan mestinya dibiarin saja kosong pariwisata. Wong enggak ada yang perlu dipromosikan kan. Jadi nanti juga si menterinya bingung itu, saya ditugaskan untuk mempromosikan pariwisata, tapi ngapain saya menjaga orang pariwisata di tengah pandemi,” tutur Rocky.

“Sandiaga Uno juga nanti dia bingung sendiri mau bikin apa, pariwisata dan industri kreatif, apa yang mau dikreatifkan. Orang tidak mampu menghasilkan kreativitas dalam kondisi kecemasan,” tambah Rocky.

Dengan dinonaktifkannya Menteri Pariwisata dan jajarannya, ia yakin pengeluaran negara untuk gaji menteri akan berkurang sehingga bisa dialihkan untuk kepentingan penanganan Covid-19 di Indonesia.

“Kan prinsipnya begitu ya, beberapa menteri seharusnya dirumahkan saja supaya enggak membebani, tapi bagaimana kita menerangkan keajaiban ini terhadap pemerintah,” ucapnya.

Rocky juga menyarankan seharusnya Jokowi bukan me-reshuffle Kabinet Indonesia Maju, melainkan rezizing. “Resizing itu harusnya, diatur ulang size-nya, dibikin ramping kabinet itu, mungkin 30% menteri enggak diperlukan dulu sebetulnya,” tuturnya.

Berlawanan dengan anggapan Rocky, Sandiaga justru langsung tancap gas dan gerak cepat dalam melaksanakan tugas. Setidaknya, Sandiaga telah melakukan kunjungan ke Bali dan Danau Toba, Sumatra Utara.

Sebab, seperti dikutip dari halaman Facebook, Sandiaga memandang destinasi wisata sangat penting untuk Indonesia karena mendatangkan banyak wisatawan dan membuka banyak lapangan kerja. “Namun, yang perlu kita perhatikan bukan hanya aspek ekonominya tapi juga kesehatan dan keselamatannya sehingga kepercayaan para wisatawan dapat kembali meningkat.”

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker