Bupati Konawe Utara Ruksamin Pimpin Upacara Peringatan Hari Amal Bakti ke-75

Abadikini.com, WANGGUDU – Bupati Konawe Utara, Ruksamin, memimpin langsung upacara Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 Tahun 2021, yang diselenggarakan Kementrian Agama Republik Indonesia tingkat Kabupaten dengan tema “Indonesia Rukun”, di Halaman Kantor Kementrian Agama Konut, Selasa, ( 05/ 01/2021).

Dalam amanat Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, yang dibacakan oleh Bupati Ruksamin menyampaikan, rasa terima kasih dan apresiasi kepada seluruh umat beragama atas dukungan, sinergi dan kebersamaanya dalam mengawal tugas-tugas Kementrian Agama tanpa membedakan satu sama lain.

“Di momen peringatan Hari Amal Bakti ke-75 ini kita tingkatkan toleransi dan kerukunan antar umat beragama karena hal tersebut merupakan karya bersama para tokoh agama, para Mentri Agama, dan aparatur Kementrian Agama dari masa ke masa. Tanpa toleransi, tidak ada kerukunan,” kata Ruksamin saat membacakan amat Kementerian Agama RI.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Konut juga mengigatkan tentang semangat Kementrian Agama baru dan semangat baru dalam mengelola Kementrian Agama.

Pertama, manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik, termaksud didalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan, serta pusat pelayanan keagamaan.

Kedua, penguatan moderasi keagamaan.Salah satu penekanan modersi beragama adalah pada penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi, dan nilai-nilai kebangsaan.

Ketiga, persaudaraan, yang meliputi merwat persaudaraan umat seagama, memihara peraudaraan sebangsa dan setanah air dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan.

Diakhir sambutannya, Ketua DPW Partai Bulan Bintang Sultra itu mengajak kepada semua pihak, untuk tetap mengedepankan akal sehat dan hikmah/kebijaksanaan dalam menyikapi berbagai persoalan keumatan dan kebangsaan saat ini maupun di masa-masa yang akan datang.

Usai upacara, dilanjutkan dengan penyematan karya satya lancana oleh Ruksamin bersama dengan kepala kementerian agama Konur Siti Mardawiah Kasim kepada 10 orang penerimaan satya Lancana dari Presiden RI Joko Widodo.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker