Saksi Suap Ekspor Lobster Edhy Prabowo Meninggal, Bagaiman Kasus Selanjutnya?

Abadikini.com, JAKARTA – Seorang saksi dari empat orang saksi dalam kasus suap ekspor benih lobster yang menjerat mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dikabarkan meninggal dunia.

Saksi yang meninggal itu diketahui bernama Deden Deni. Almarhum adalah Direktur PT Perishable Logistics Indonesia (PLI).

“Informasi yang kami terima yang bersangkutan meninggal sekitar tanggal 31 Desember yang lalu,” kata Plt Juru Bicara Penindakan KPK, Ali Fikri dalam keterangan tertulis yang dikutip, Senin (4/12/2021).

Menurut Ali, meskipun demikian proses penyidikan perkara dengan tersangka Edhy Prabowo dan yang lainnya tidak terganggu. Seba, tegas dia, proses penyidikan berjalan dengan baik dan lancar.

“Sejauh ini masih berjalan dan tentu masih banyak saksi dan alat bukti lain yang memperkuat pembuktian rangkaian perbuatan dugaan korupsi para tersangka tersebut,” ucap Ali.

KPK sebelumnya telah mengirimkan surat ke Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM perihal larangan bepergian ke luar negeri untuk Deden dan tiga orang saksi lainnya.

Selain Deden, mereka yang dicegah adalah istri Menteri Kelautan dan Perikanan nonaktif Edhy Prabowo sekaligus anggota DPR RI, Iis Rosita Dewi; serta dua pihak swasta bernama Neti Herawati dan Dipo Tjahjo P.

“KPK telah mengirimkan surat ke Ditjen Imigrasi Kumham RI untuk melakukan pelarangan ke luar negeri selama 6 bulan ke depan terhitung sejak tanggal 4 Desember 2020 terhadap beberapa orang saksi,” kata Ali Fikri, Jumat (18/12) lalu.

Baca Juga

Back to top button