Australia Rubah Lirik Lagu Kebangsaan, PM Morrison: Mengubah ‘muda dan bebas’ menjadi ‘satu dan bebas’

Abadikini.com, CANBERRA – Australia resmi mengubah lirik lagu kebangsaan “Advance Australia Fair” untuk menghormati suku asli Aborigin di negera itu pada Jumat (1/1/2021).

PM Australia Scott Morrison menjelaskan bahwa pemerintah telah mengubah lirik pada baris kedua lagu tersebut dari “For we are young and free” (karena kita muda dan bebas) menjadi “For we are one and free” (karena kita satu dan bebas).

“Mengubah ‘muda dan bebas’ menjadi ‘satu dan bebas’ tidak menghilangkan apapun tetapi saya yakin menambah banyak,” tulis Morrison di koran The Age, seperti dilansir AFP.

Lanjut Morrison, Australia sebagai negara modern mungkin masih seumur jagung. Namun terang dia, sejatinya, negeri kanguru itu memiliki sejarah panjang dari suku asli Aborigin.

Sampai dengan kini, Australia masih menghadapi persoalan yang berkaitan dengan memori penjajahan masa lalu. Terutama terkait Ketimpangan antara penduduk asli dan pendatang masih terjadi.

Berdasarkan data statistik, tingkat kematian anak-anak suku asli di bawah lima tahun dua kali lipat dibandingkan pendatang.

Pada awal tahun ini, demonstrasi besar-besaran yang menuntut untuk menekan angka kematian penduduk asli di tahanan digelar di beberapa kota di Australia.

Sebagai catatan, terdapat lebih dari 400 kasus kematian Aborigin di tahanan sepanjang tiga dekade terakhir.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker