Sejumlah Ponsel Terancam tak Dapat Gunakan WhatsApp Mulai 1 Januari

Abadikini.com, JAKARTA – Beberapa perangkat akan segera kehilangan kemampuan untuk menjalankan aplikasi perpesanan instan yang mendukung enkripsi ujung ke ujung, WhatsApp.

Baca Juga

Menurut laporan Gizchina, dikutip Antara, Rabu (30/12/2020), pada Jumat, 1 Januari, WhatsApp akan berhenti berfungsi pada beberapa smartphone, yang akan memengaruhi perangkat Android dan iOS.

Batasan ini akan memengaruhi smartphone Android lama yang menjalankan versi Android di bawah 4.0.3, serta iPhone yang menjalankan versi iOS di bawah 9.

Hal sama terjadi tahun lalu ketika Facebook berhenti mendukung perangkat yang menjalankan iOS 8 dan Android 2.3.7.

Agar tidak kehilangan akses ke WhatsApp, pengguna harus memperbarui ponsel cerdas mereka ke versi Android yang lebih baru, atau mungkin membeli perangkat yang lebih baru.

Bagi pemilik iPhone, ponsel lama Apple mendapat update lebih cepat dan “hidup” lebih lama daripada pesaingnya, Android. Namun, iPhone 4 dan perangkat yang lebih lama tidak lagi mendapat update ke versi iOS yang lebih baru.

Sementara itu, WhatsApp akhirnya mulai menguji coba fitur panggilan suara dan video di web WhatsApp dan aplikasi beta desktop.

Aplikasi seluler WhatsApp di Android dan iOS telah memiliki fitur panggilan suara dan video masing-masing sejak 2015 dan 2016.

Sejak saat itu popularitasnya meningkat, dan pada awal tahun ini Whatsapp mencapai angka 2 miliar pengguna. Whatsapp menjadi pemimpin dalam aplikasi perpesanan instan dengan pangsa pasar 44 persen, dan di tempat kedua Facebook Messenger dengan 35 persen.

Uji coba fitur baru

Soal fitur baru panggilan suara dan video, WABetaInfo, yang pertama kali melaporkan soal fitur ini, menyebutkan diperlukan untuk menghubungkan ponsel pintar ke WhatsApp web atau aplikasi desktop, yang berarti bahwa fitur tersebut bukan berada pada aplikasi yang berdiri sendiri.

Untuk melakukan panggilan suara atau video dari web Whatsapp atau aplikasi desktop Whatsapp, terlebih dahulu harus membuka nama kontak yang ingin dihubungi.

Kemudian, akan terdapat ikon video dan suara ditempatkan di sudut kanan atas di sebelah ikon pencarian. Untuk melakukan panggilan, klik ikon panggilan video atau ikon panggilan suara. Setelah itu, akan ada jendela dengan nama kontak dan foto bersama dengan empat tombol yaitu video ON/OFF, tombol mute, tombol menu dan tombol tutup.

Bagi penerima panggilan, akan muncul jendela yang menampilkan foto profil kontak. Selain foto, ada pula dua tombol, satu untuk menerima dan tombol lainnya untuk menolak panggilan.

Karena belum ada pengumuman resmi, tidak ada detil lengkap tentang fitur tersebut. Fitur baru panggilan suara dan video itu saat ini diluncurkan ke sejumlah pengguna terbatas.

Baca Juga

Back to top button