Trending Topik

Penjelasan Dokter Soal Ruam Kemerahan pada Kulit Dewi Perssik Setelah Terpapar Corona

Abadikini.com, JAKARTA – Penyanyi dangdut Dewi Dewi Perssik sempat mengalami ruam kemerahan pada wajah sekujur tubuh setelah terkena virus corona (covid-19).

Dokter Spesialis Paru RSUP Persahabatan, Erlang Samoedro membenarkan ruam seperti yang dialami Dewi Perssik bisa terjadi pada pasien yang terpapar virus corona. Namun ini sangat jarang terjadi.

“Tidak umum terjadi, akan tetapi ada beberapa kasus dapat timbul terutama pada orang yang sensitif,” kata Erlang di Jakarta, Jumat (25/12).

Mengutip dari CNN Indonesia, Erlang mengaku sempat menangani beberapa pasien corona dengan ruam yang sama. Ruam itu terjadi umumnya karena pasien memiliki alergi kulit yang sensitif.

Menurut Erlang, kondisi seperti ini tidak tergolong berbahaya. Ruam juga akan menghilang sendirinya selepas pasien sembuh.

Ia menjelaskan, virus corona justru lebih berbahaya jika menyerang saluran pernapasan karena dapat menyebabkan pasien merasa sesak napas.

“Ruam terjadi karena inflamasi atau peradangan yang sistematik atau menyeluruh, jadi bisa juga terjadi pada kulit,” jelasnya.

Kondisi Dewi Perssik karena Covid-19. Foto : Instagram/@dewiperssikreal

Erlang akan memberikan obat anti peradangan dan anti alergi kepada pasien yang mengalami gejala tersebut. Biasanya ruam akan mereda setelah diobati.

Sebelumnya, Dewi mengungkap pengalamannya terkena covid-19 melalui akun Instagram. Ia juga mengunggah foto dirinya mengalami ruam berwarna merah.

Dewi menyebut gejala bercak-bercak merah itu hanya dialami oleh sekitar 20 persen penderita virus corona. Ia menduga tertular virus karena kelelahan di tengah kegiatan yang padat.

Dewi pun menghentikan seluruh kegiatannya selama sebulan terakhir. Kini dirinya sudah sembuh dan dinyatakan negatif virus corona.

Sebelumnya, Dewi Perssik mengaku dirinya tertular wabah virus corona (covid-19), sehingga satu bulan belakangan ini dirinya tidak muncul di dunia hiburan tanah air. Begitu juga di akun youtube. Namun kondisinya kini telah dinyatak sembuh.

“Banyak yang bertanya kemana selama satu bulan ini kok enggak lihat di @pagipagiambyarttv. Dan enggak ada kegiatan YouTube juga, aku sakit kena covid 19,” kata Dewi Perssik lewat Instagram yang dikutip, Jumat (25/12/2020).

Namun kondisinya kini telah dinyatak sembuh. Depe telah melalui masa penyembuhan, dan sekarang hasil swabnya sudah negatif.

“Alhamdulillah Allah masih kasih kesempatan aku untuk sehat aku sekarang sembuh, aku salah satu orang yang beruntung untuk sembuh, aku sudah cek dua kali negatif alhamdulillah. dan skrg sudah sembuh dan recovery,” ujarnya.

Hanya saja dampak dari virus yang menjalar membuat tubuhnya mengalami kemerahan parah khususnya terlihat pada wajah.

“Jadi timbul kemerahan ini adalah salah satu yang timbul dari mereka yang terkena Covid sekitar 20 persen,” ungkap istri Angga Wijaya itu.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker