Trending Topik

Jokowi Duduki Peringkat 12 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia

Abadikini.com, JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tercatat sebagai bagian dari 500 tokoh muslim paling berpengaruh di dunia. Jokowi menempati urutan 12, sementara urutan 1 ditempati Erdogan dari Turki.

Peringkat ini berdasarkan catatan Pusat Studi Strategi Islam Kerajaan (The Royal Islamic Strategic Studies Centre/RISSC).

RISSC merupakan lembaga riset independen yang terafiliasi dengan Institut Aal Al Bayt Kerajaan untuk Pemikiran Islam, yang bermarkas di Amman, Yordania.

Mengutip dari The World’s 500 Most Influential Muslims 2021 pada Selasa (15/12/2020) https://themuslim500.com, Jokowi masuk urutan ke-12.

Jokowi disebut sebagai tokoh politik dari kalangan Islam berlatar pemikiran Sunni yang berpengaruh di Negara Indonesia, dengan jumlah penduduk 274 orang yang tersebar di 17 ribu pulau dan memiliki 700 macam bahasa yang berbeda.

“Jokowi begitu ia dikenal, terpilih kembali sebagai Presiden Indonesia dalam pemilihan April 2019, memenangkan 55,5 persen suara dan akan menjalani masa jabatan kedua dan terakhirnya hingga 2024,” begitu penjelasan The Muslim 500 dalam dokumen digital yang memiliki tebal halaman hingga 333 lembar“Mencalonkan diri melawan lawan yang mempertanyakan kreativitas Islamnya, Presiden Widodo memilih Ma’ruf Amin sebagai cawapres. Ma’ruf Amin adalah pemimpin Majelis Ulama Indonesia, badan ulama Muslim terkemuka di negara itu,” sambung tulisan tersebut.

Selain Jokowi, ada sejumlah tokoh politik dari negara lain yang berada di urutan teratas.

Di antaranya; Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan (urutan 1); Raja Saudi Arabia, King Salman bin Abdul-Aziz Al-Saud (2); Pemimpin Tertinggi Republik Islam Iran, Ayatollah Khamenei (3);

Raja Maroko, King Mohammed VI (6); dan Raja Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani (11) dan beberapa tokoh dunia lainnya.

Dalam merumuskan tokoh-tokoh Muslim berpengaruh, RISSC melihat dari dampak yang ditimbulkan sosok tersebut terhadap dunia muslim. Dampak yang diukur bisa positif atau negatif, tergantung sudut pandang yang digunakan.

RISSC menjabarkan latar belakang hingga sosok-sosok tersebut bisa berpengaruh terhadap Islam di dunia sesuai bidangnya masing-masing, termasuk Jokowi sebagai politisi.

Beberapa hal yang ditulis mengenai Jokowi adalah latar belakang presiden Indonesia pertama yang tidak berasal dari militer atau elit politik. Kemudian dilabeli sebagai politisi sukses dan bersih saat menjadi Wali Kota Solo.

Selain itu, RISSC mencatat keberhasilan politik Jokowi setelah terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta dengan melakukan reformasi di bidang pendidikan, transportasi umum, mengubah pedagang kaki lima dan pasar tradisional, juga menerapkan pengendalian banjir.

Adapun seperti budaya blusukan, prospek masa depan ekonomi Jokowi saat menjadi Presiden, serta pengendalian pandemi Covid-19 juga masuk ke dalam bahasan RISSC.

Baca Juga

Back to top button