Arab Saudi Klaim Berhasil Kendalikan Covid-19

Abadikini.com, JAKARTA – Kerajaan Arab Saudi menyatakan mereka menang dalam menanggulangi pandemi virus corona (Covid-19), setelah mengklaim berhasil mengendalikan angka penularan virus serupa SARS tersebut, Minggu (13/12).

Saudi mencatat 139 kasus penularan corona baru pada Minggu. Penurunan itu adalah yang pertama kali ada penambahan kasus di bawah 150 orang sejak pandemi mulai merambah ke negara kaya minyak tersebut.

Sementara itu, peta penyebaran Covid-19 yang dirilis Kementerian Kesehatan Saudi menunjukkan bahwa hampir seluruh wilayah di negara kerajaan itu berada di “zona aman” dari corona, dengan kasus positif baru kurang dari 50.

“Kami berada di antara negara-negara dengan kontrol dan penurunan kasus yang nyata,” kata juru bicara Kementerian Kesehatan Saudi, Dr. Mohammed Al-Abd Al-Aly dalam jumpa pers di Riyadh seperti dikutip Arab News.

“Kerajaan saat ini memiliki kendali yang lebih besar atas pandemi,” ucapnya menambahkan.

Menurut Al-Aly, pencapaian ini terjadi karena kepatuhan masyarakat terhadap kebijakan yang diterapkan cukup tinggi.

“Ini tidak mungkin terjadi tanpa koordinasi antara masyarakat dan otoritas terkait dalam menghadapi pandemi untuk memastikan kesehatan dan keselamatan semua orang,” ujar Al-Aly.

Sementara itu, Arab Saudi akan menggelar vaksinasi virus corona gelombang pertama dalam beberapa hari ke depan menggunakan vaksin Pfizer/BioNTech.

Al-Aly mendesak semua orang untuk divaksinasi bahkan bagi warga yang sempat terjangkit corona dan telah pulih.

Baca Juga

Back to top button