Hindari Covid-19, Pramugari di China Diimbau Pakai Popok Sekali Pake

Abadikini.com, JAKARTA – Saat wabah virus Corona (Covid-19) melanda dunia hingga mengganggu bisnis dunia penerbanagan, para pengelola maskapai penerbangan di seluruh dunia telah mencari cara untuk menjaga keselamatan penumpang dan awak mereka di dalam penerbangan melalui pesawat.

Pada 25 November 2020, Administrasi Penerbangan Sipil Tiongkok (CAAC) merilis pedoman baru untuk industri penerbangan negara yang diawasinya.

Mengutip dari CNN, Dokumen berjudul ‘Panduan Teknis Pencegahan dan Pengendalian Epidemi untuk Maskapai, Edisi Keenam’, itu berisi saran tentang praktik kebersihan terbaik yang harus dilakukan selama di pesawat dan di bandara.

Tapi salah satu saran itu, bahwa awak penerbangan seperti pramugari memakai popok sekali pakai sehingga mereka tidak perlu ke kamar mandi, telah menjadi sorotan banyak pihak.

Sebuah halaman yang menjelaskan tentang alat pelindung diri (APD) menyarankan awak kabin dalam penerbangan ke dan dari negara berisiko tinggi untuk mengenakan “masker medis, sarung tangan medis sekali pakai berlapis ganda, kacamata, topi sekali pakai, pakaian pelindung sekali pakai, dan penutup sepatu sekali pakai”.

Kalimat berikutnya berbunyi: “Direkomendasikan agar awak kabin memakai popok sekali pakai dan menghindari penggunaan toilet kecuali keadaan khusus untuk menghindari risiko infeksi.”

Meskipun panduan semacam itu mungkin tampak dramatis, bukan rahasia lagi bahwa toilet bisa menjadi tempat paling kuman di pesawat terbang.

Pada bulan Agustus, seorang wanita yang bepergian dari Italia ke Korea Selatan tertular virus Covid-19 selama perjalanannya, dan kunjungan ke kamar mandi – satu-satunya tempat di mana dia tidak memakai masker N95 – disebut sebagai kemungkinan sumber infeksinya.

Desain kamar mandi pesawat sudah menjadi topik hangat sebelum Covid-19, tetapi pandemi telah memfokuskan upaya untuk menghasilkan solusi baru.

Maskapai penerbangan Jepang ANA mengumumkan awal tahun ini bahwa mereka sedang menguji prototipe pintu toilet tanpa sentuh baru.

Sementara itu, Boeing berhasil mengajukan paten atas “toilet yang dapat membersihkan sendiri” yang akan menggunakan sinar UV untuk membersihkan 99,9 persen kuman kamar mandi setelah digunakan.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker