Antoine Griezmann Bela Muslim Uighur, Ini yang akan Terjadi

Abadikini.com, JAKARTA – Antoine Griezmann perlu berhati-hati dengan keputusan membela Muslim Uighur lewat pemutusan kerja sama dengan Huawei, perusahaan teknologi raksasa di China.

Baca Juga

Dukungan yang dilakukan Griezmann terhadap Muslim Uighur terbilang besar. Cara yang ditempuh striker timnas Prancis itu juga ekstrem.

Sebagai perbandingan, Mesut Ozil menjadi tenar usai membela Muslim Uighur lewat unggahan di media sosial. Kala itu Ozil menuliskan dengan gamblang mengenai penindasan yang dialami Muslim Uighur, mulai dari pembakaran Alquran hingga memasukkan orang-orang Uighur ke kamp.

Meski hanya lewat unggahan di media sosial, Ozil mendapat kecaman yang besar dari banyak pihak. Selain serangan dari netizen, sikap Ozil itu membuat stasiun televisi China batal menayangkan laga Arsenal vs Manchester City.

Bahkan, China melalui media pemerintah Global Times bereaksi dengan memperingatkan Arsenal terkait tindakan Ozil. Pada kesempatan itu, editorial Global Times menyebut Ozil sebagai pemain yang bingung dan ceroboh.

Pemerintah China lewat Kementerian Luar Negeri juga mengajak Ozil datang ke Xinjiang guna memastikan kondisi Muslim Uighur di sana.

Efek lain yang diterima mantan pemain Real Madrid itu adalah karakter Ozil dihapus dari gim video Pro Evolution Soccer (PES) yang beredar di China.

Kecaman Ozil terhadap China yang dianggap menindas Muslim Uighur tidak saja memiliki efek kepada sang pemain. Menurut laporan Daily Mail, klub-klub Liga Inggris khawatir kehilangan investor dari Negeri Tirai Bambu akibat sikap Ozil itu.

Arsenal sendiri tidak membela Ozil dan memilih menyebutkan sebagai pendapat pribadi sang pemain. Ozil juga tetap dimainkan The Gunners usai kecaman itu.

Akan tetapi, begitu musim dihentikan dan kemudian dilanjutkan di masa pandemi virus corona, Ozil tidak lagi pernah bermain untuk Arsenal.

Dengan tindakan yang begitu ringan saja Ozil bisa menimbulkan dampak yang besar, bagaimana dengan Griezmann yang sampai level memutuskan kerja sama dengan Huawei, salah satu perusahaan raksasa di China.

Terlebih lagi, Barcelona, klub Griezmann saat ini memiliki sejumlah sponsor resmi yang berasal dari China.

Dalam situs resmi, Blaugrana memiliki Oppo yang merupakan perusahaan telekomunikasi terkemuka di China. Saat ini Oppo berstatus sebagai sponsor global Barcelona.

Di level sponsor resmi, Yunan Baiyao dan China Taiping jadi sponsor resmi klub asal Catalunya tersebut.

Kehadiran sponsor ini bisa memberikan pengaruh terkait pembelaan Griezmann untuk Muslim Uighur. Hal itu juga yang terjadi kepada winger Manchester City.

Mahrez termasuk pemain yang memberikan dukungan untuk Muslim Uighur lewat unggahan di media sosial. Akan tetapi, unggahan itu kemudian dihapus Mahrez lantaran sebagian saham The Citizens dimiliki bank investasi asal China, CITIC.

Baca Juga

Back to top button