Trending Topik

Hasil Hitung Cepat, Anak dan Mantu Jokowi Menang Pilkada 2020

Abadikini.com, JAKARTA – Hasil penghitungan cepat atau quick count Charta Politika untuk Pilkada Kota Medan 2020 menunjukkan pasangan calon wali kota dan wali kota Bobby Nasution-Aulia Rachman unggul dari pasangan petahana Akhyar Nasution-Salman Alfarisi.

Baca Juga

Pasangan Bobby-Aulia berhasil meraup 55,29 persen, sementara Akhyar-Salman hanya mampu mengantongi 44,71 persen suara saja. Hasil penghitungan ini didapat dari 100 persen suara yang masuk per pukul 18.43 WIB, Rabu (9/12/2020).

Melansir dari CNN Indonesia, dalam persaingan kali ini, pasangan calon nomor urut 1 Akhyar-Salman didukung Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Akhyar adalah petahana yang sudah menjabat pelaksana tugas wali kota Medan sejak 17 Oktober 2019.

Sedangkan menantu Presiden Joko Widodo itu baru pertama kali terjun ke politik praktis. Bobby yang berpasangan dengan kader Gerindra Aulia Rachman diusung delapan partai politik antara lain PDIP, Gerindra, Golkar, NasDem, PPP, PAN, Hanura, dan PSI. Belakangan Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelora dan Perindo juga menyatakan dukungan kepada Bobby-Aulia.

Sementara itu, kakak ipar Bobby, Gibran Rakabuming Raka juga unggul dari lawannya di Pilkada Solo.

Berdasarkan hitung cepat Charta Politika dengan suara masuk 100 persen, Gibran-Teguh Prakosa mengantongi 87,15 persen, sementara lawannya Bagyo Wahyono-FX Supardjo (BaJo) mendapat 12,85 persen suara.

Hasil hitung cepat bukan hasil akhir dalam gelaran Pilkada 2020. Hasil resmi masih menunggu perhitungan yang dilakukan oleh KPU dari tingkat TPS hingga provinsi atau kabupaten/kota.

Baca Juga

Back to top button