Sejarah dan Tugas PPKI: Badan yang Menyusun dan Mengesahkan Konstitusi

Abadikini.com – Teman-teman pasti sudah tahu apa itu BPUPKI dan bagaimana sejarah terbentuknya badan penting tersebut. BPUPKI menghasilkan rancangan dasar negara Indonesia, yaitu Pancasila dan juga Undang-Undang Dasar 1945.

Karena tugasnya sudah selesai, BPUPKI dibubarkan pada tanggal 7 Agustus 1945.

Di saat yang bersamaan juga, dibentuklah sebuah badan baru bernama PPKI yang merupakan singkatan dari Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia.

Kepanitiaan ini diketuai oleh Ir. Soekarno dengan wakilnya, Mohammad Hatta.

Kepanitian ini awalnya beranggotakan 21 orang, sebelum akhirnya Ir. Soekarno menambahkan enam orang lagi di dalamnya tanpa sepengetahuan pihak Jepang.

Lalu apa saja tugas PPKI, ya? Ayo cari tahu!

Tugas PPKI

Sama seperti BPUPKI, PPKI juga memiliki tugas yang berkaitan dengan kemerdekaan Indonesia. Berikut ini adalah tugas-tugas PPKI:

1. Menyusun dan Mengesahkan Konstitusi

Kemerdekaan menurut Ir Soekarno harus dinyatakan dalam dua bentuk, proklamasi dan deklarasi. Perbedaan proklamasi dan deklarasi ini terletak pada pengertian dan isinya.

Proklamasi adalah pernyataan kemerdekaan yang singkat. Mengumumkan kepada rakyat dan masyarakat dunia bahwa sebuah negara baru telah lahir dan berdaulat.

Sementara deklarasi berisi tentang pernyataan proklamasi yang dilengkapi dengan konstitusi. Di mana konstitusi Indonesia adalah UUD 1945.

2. Menyusun dan Mengesahkan Dasar Negara

Dasar negara adalah hal paling penting dalam suatu negara. Dasar negara ini biasanya tercantum dalam konstitusi (UUD 1945).

dasar negara akan menjadi pedoman pemerintahan negara dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

Bagi rakyat dan masyarakat suatu negara, dasar negara menjadi pedoman dan pandangan hidup yang sesuai dengan kepribadian bangsa.

Dasar negara yang dimaksud di sini tentunya adalah Pancasila yang tercantum pada pembukaan UUD 1945.

3. Mempersiapkan dan Membentuk Pemerintahan

Dalam mempersiapkan kemerdekaan, PPKI juga bertugas untuk menyusun dan membentuk pemerintahan.

Termasuk dalam pemerintahan di sini adalah tugas, fungsi, dan wewenang Presiden dan Wakil Presiden, tugas lembaga negara sebagai perwakilan rakyat, dan berbagai hal yang membantu terlaksananya pemerintahan.

4. Memperjelas Wilayah Indonesia

Saat sedang melakukan persiapan kemerdekaan, Indonesia masih belum memiliki kepastian wilayah.

Karena itu mempersiapkan dan memperjelas bagian mana saja yang menjadi wilayah Indonesia menjadi salah satu tugas PPKI.

Semua tugas ini diselesaikan oleh seluruh anggota PPKI dalam sidang pertama hingga ketiga, yaitu tanggal 18, 19, dan 22 Agustus 1945.

Back to top button