Trending Topik

Dua Menteri di Tersangkakan KPK, Jokowi: Saya tidak akan Melindungi yang Terlibat Korupsi

Abadikini.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo alias Jokowi kembali menegaskan bahwa tidak akan melindungi kedua pembantunya serta masyarakat yang terlibat korupsi. Pemerintah kata Jokowi, akan terus konsisten mendukung upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi di Indonesia.

Untuk itu, Jokowi meminta kepada lembaga anti rasuah itu bekerja secara transparan dan profesional dalam mengungkap kasus korupsi di Tanah Air.

“Saya tidak akan melindungi yang terlibat korupsi dan kita semuanya percaya KPK bekerja secara transparan, secara terbuka, bekerja secara baik, profesional,” kata Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (6/12/1/2020).

Menurut Jokowi, Pemerintah menghormati proses hukum yang tengah berjalan di KPK terkait penetapan Menteri Sosial Juliari Batubara sebagai tersangka. “Perlu juga saya sampaikan bahwa saya sudah ingatkan sejak awal kepada para menteri Kabinet Indonesia Maju, jangan korupsi,” kata Presiden Jokowi.

Pejabat negara seharusnya menciptakan sistem yang menutup celah terjadinya korupsi baik untuk APBN maupun APBD provinsi, kabupaten, dan kota. “Itu uang rakyat, apalagi ini terkait dengan bansos, bantuan sosial dalam rangka penanganan Covid dan pemulihan ekonomi nasional. Bansos itu sangat dibutuhkan untuk rakyat,” tegas Presiden.

Terkait dengan pengganti Mensos, Presiden Jokowi mengungkapkan dirinya akan menunjuk Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy untuk melaksanakan tugas mensos.

Pernyataan yang sama juga pernah dikatakan Jokowi saat KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo pada Rabu (25/11/2020) dini hari terkait dugaan kasus korupsi ekspor benur atau benih lobster.

Saat itu, Jokowi juga menegaskan sangat percaya KPK akan bekerja secara transparan, terbuka dan profesional dalam melakukan proses hukum terhadap Politisi Partai Gerindra tersebut.

Apa yang dilakukan KPK tersebut, menurut Jokowi sejalan dengan komitmen pemerintahan yang dipimpinnya. Pemerintah Indonesia konsisten mendukung upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi di Tanah Air.

Sudah dua menteri Kabinet Indonesia Maju yang dijadikan tersangka oleh KPK terkait kasus dugaan korupsi. Mereka adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo yang telah ditetapkan tersangka kasus dugaan korupsi benur dan Mensos Juliari Batubara tersangka kasus dugaan korupsi dana bantuan sosial kepada warga terdampak wabah virus corona (Covid-19).

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker