Trending Topik

Kepemimpinan Belitung Timur Pasca Covid-19

DISAAT-saat pandemi covid-19 ini, kecepatan dan ketanggapan pemerintah daerah untuk mengendalikan penyebaran virus menjadi kunci dari keamanan masyarakat luas. Mulai dari penyediaan alat halau virus berupa masker, penyediaan alat tes, dan kesiapan-kesiapan lainnya.

Kesiapan dalam mengendalikan ekonomi daerah pasca pandemi juga sangat dibutuhkan. Bagaimana pemimpin daerah dapat melobi dan meminta pada pemerintah pusat untuk memprioritaskan Belitung timur dalam pemenuhan vaksin dan anggaran pemulihan ekonomi. Selain itu juga, kesulitan ketersediaan lapangan pekerjaan juga menjadi masalah NASIONAL. Merupakan sesuatu yang tidak mudah jika banyak janji-janji politik terutama ketika semua daerah sedang dilanda kesulitan yang sama.

Pada intinya, kebutuhan primer masyarakat tetap harus diakomodir oleh pemerintah daerah dengan program-program yang didukung sepenuhnya oleh pemerintah pusat.

Kedekatan dan kewibawaan pemimpin lah di hadapan pemerintah pusat yang menjadi kunci demi terlaksananya kelancaran bantuan vaksin dan tambahan anggaran bagi Belitung Timur. Hal ini akan berdampak luas pada pemenuhan kebutuhan keseharian masyarakat secara umum dan memberikan stimulus ekonomi secara khusus.

Calon Bupati 01 Burhanuddin, memiliki rekam jejak sebagai kepala Bappeda dan wakil bupati periode selanjutnya yang saat ini diusung oleh 4 partai. Berbagai acara kunjungan seremonial di luar daerah sudah pernah ia lakukan dalam kurun waktu 5 tahun sebelumnya. Namun, belum banyak perubahan yang dirasakan oleh Belitung Timur. Banyak masyarakat yang masih menanti janji yang dilontarkan pada perhelatan Pilkada 5 tahun silam.

Di lain pihak, calon Bupati 02 Yuri Kemal, memiliki kedekatan langsung dengan Presiden. Terbukti ia pernah menjadi pengacara Joko widodo dalam perhelatan PilPres 2019 kemarin. Selain itu, ia pun sudah terbiasa untuk melakukan lobi dan diskusi untuk kepentingan masyarakat dengan pemimpin-pemimpin di negeri ini. Yuri juga didukung oleh 7 partai besar yang akan pastinya akan memperlancar komunikasi ke pemerintah pusat dalam menjalankan program-program pembangunan pasca covid-19 ini. Dalam kampanye nya pun, yang ia tawarkan bukanlah janji, namun komitmen penuh untuk memperjuangkan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat.

Dari kemampuan mereka, dari janji-janji politik mereka, dan dari rekam jejak komitmen perjuangan mereka, masyarakat diharapkan menilai dengan objektif siapa pemimpin yang cocok untuk melakukan pembenahan pasca covid di Belitung Timur ini.

Oleh: Koko Haryanto
Anggota DPRD Belitung Timur
Fraksi Partai Bulan Bintang (PBB)

Baca Juga

Back to top button