Trending Topik

Amerika Serikat Jatuhkan Sanksi Ekonomi ke Perusahaan China dan Rusia Terkait Rudal Iran

Abadikini.com, JAKARTA – Negara adidaya Amerika Serikat (AS)  menjatuhkan sanksi ekonomi terhadap perusahaan China dan Rusia karena dianggap telah mendukung pengembangan program rudal Iran.

Empat perusahaan China dan Rusia dituduh melakukan transfer teknologi sensitif dan perangkat lainnya ke program rudal Iran.

Menteri Luar Negeri Mike Pompeo mengatakan empat perusahaan itu dikenakan pembatasan bantuan pemerintah AS dan ekspor selama dua tahun.

Sanksi tersebut dijatuhkan pada Rabu terhadap dua perusahaan yang berbasis di China, Chengdu Best New Material dan Zibo Elim Trade, serta Nilco Group yang berbasis di Rusia dan Perusahaan Saham Gabungan Elecon.

“Kami akan terus bekerja untuk menghalangi upaya pengembangan rudal Iran dan menggunakan kewenangan sanksi kami untuk menyoroti pemasok asing, seperti entitas di RRC (China) dan Rusia ini, yang menyediakan bahan dan teknologi terkait rudal ke Iran,” kata Pompeo, Jumat (27/11) seperti dikutip dari AFP via CNN.

Iran memang sudah sejak lama menjadi objek sanksi AS.

Presiden Donald Trump menarik AS dari perjanjian nuklir dengan Iran pada 2018. Perjanjian itu dibuat di bawah kebijakan Presiden Barack Obama.

Sejak itu Trump memberlakukan kembali sanksi yang melumpuhkan Iran dalam kampanye yang dia sebut sebagai “tekanan maksimum” terhadap program nuklir Iran.

Pemerintahan Trump juga telah menunjukkan tekadnya untuk memberikan sanksi kepada negara atau perusahaan asing mana pun yang tidak mematuhi kebijakan AS terkait Iran.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker