Kompetisi The Asset Manager Lahirkan Manager Aset yang Inovatif

Abadikini.com, JAKARTA – Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) yang merupakan salah satu Special Mission Vehicle (SMV) di bawah Kementerian Keuangan, menyelenggarakan acara kompetisi adu konsep dan gagasan optimalisasi aset negara bertajuk The Asset Manager, yang diikuti oleh lebih dari 50 tim dari Kementerian/Lembaga, Badan Layanan Umum, Pemerintah Daerah maupun Badan Usaha Milik Negara.

Baca Juga

Mengutip dari Kemenkeu.co.id, melalui acara ini, LMAN berupaya menggaungkan kolaborasi, sinergi dan inovasi pengelola barang milik negara untuk melaksanakan optimalisasi aset negara dengan inovatif dan kreatif, guna mendatangkan manfaat bagi masyarakat.

“Tema optimalisasi aset negara itu adalah sesuatu yang harus ada di dalam DNA-nya seluruh para asset manager. Tidak hanya yang ada di Kementerian Keuangan, namun juga di semua lembaga apakah itu Kementerian, Lembaga Pemerintah Daerah, dia harus memiliki sense bahwa mengelola aset juga punya tanggung jawab penting bagaimana mengoptimalkannya,” tegas Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati pada acara Grand Final Kompetisi The Asset Manager 2020 yang diselenggarakan oleh LMAN melalui video conference pada Selasa (24/11/2020).

The Asset Manager 2020 merupakan kegiatan ke-3 yang diselenggarakan secara rutin oleh LMAN, dan menghasilkan konsep optimalisasi aset negara serta komunitas asset manager yang berpotensi memberikan dampak peningkatan kesadaran serta implementasi optimalisasi aset negara yang kreatif dan inovatif. Dengan demikian, diharapkan pula optimalisasi aset negara sebagai alat fiskal, akan memberikan manfaat bagi perekonomian negara dan kesejahteraan masyarakat.

“Saya berharap para finalis ini nanti akan menyuguhkan berbagai ide yang bisa juga menularkan ide itu kepada para asset manager yang lainnya dan dengan berkompetisi secara terbuka sehat, maka kita akan bisa terus-menerus memperbaiki ide-ide kita. Tidak berhenti berkreativitas, produktivitas akan semakin terpacu apabila kita menjadi seorang yang kompetitif dan berpikiran positif,” pungkas Menkeu.

Sebagai informasi, kepesertaan The Asset Manager, terbagi dalam dua kategori yaitu Maestro (K/L, Pemda dan BLU Non Kawasan) dan Master (BUMN Property & BLU Kawasan). Setelah melalui ujian Dewan Juri, pemenang juara 1 The Asset Manager 2020 kategori Maestro berhasil diraih oleh BP3IP Kementerian Perhubungan dengan usulan konsep pemanfaatan aset multifungsi untuk industri perhotelan dan coworking space, sedangkan untuk kategori Master berhasil diraih oleh PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dengan usulan konsep pemanfaatan aset ritel UMKM kreatif dan coworking space. Konsep tersebut dinilai dapat mendukung sektor UMKM, industri kreatif dalam rangka menunjang pemulihan ekonomi nasional.

Baca Juga

Back to top button