Jelang HUT OPM 1 Desember, Polri-TNI Akan Patroli

Abadikini.com, JAKARTA – Kepolisian RI ( Polri) bersama TNI akan melakukan patroli besar-besaran jelang peringatan HUT Organisasi Papua Merdeka ( OPM) yang jatuh pada tanggal 1 Desember.

“Polri bersama TNI akan melaksanakan patroli besar terkait dengan mengantisipasi, mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” ucap Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Awi Setiyono di Gedung Bareskrim, Jakarta Selatan, Senin (23/11/2020).

Selain itu, TNI-Polri juga akan menggalang tokoh masyarakat hingga tokoh adat setempat. Awi mengunkapkan, langkah itu dilakukan agar situasi berlangsung kondusif sehingga masyarakat setempat dapat melakukan aktivitas sehari-hari.

Polri pun menegaskan, tidak ada yang pihak yang menggelar acara untuk memperingati HUT OPM. Jika ada pihak yang tidak mengindahkan, ujarnya, akan ditindak dan diproses sesuai hukum yang berlaku.

“Kita berharap tidak ada yang berusaha melaksanakan acara-acara memperingati 1 Desember yaitu hari OPM,” tegasnya.

Diketahui, OPM adalah organisasi yang dipelopori sejumlah tokoh Papua. Mereka ingin Papua merdeka menjadi negara sendiri.

Selama ini, bahkan sudah bertahun-tahun, OPM kerap kontak tembak dengan aparat keamanan TNI/Polri di Papua. Tak sedikit warga sipil yang menjadi korban.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker