Kalah dari AC Milan 1-3, Gattuso Akui Anak Asuhannya Kalah Mental

Abadikini.com, JAKARTA – Pelatih Napoli Gennaro Gattuso mengatakan anak asuhannya kalah mental saat menghadapi tim tamu AC Milan dalam lanjutan Liga Italia Serie A 2020-2021 pekan kedelapan. Sebagai tuan rumah Napoli harus mengakui keunggulan AC Milan dengan skor 1-3.

Baca Juga

Jalannya Pertandingan

Bermain di kandang sendiri, Stadion San Paolo, Napoli justru tertinggal lebih dulu lantaran Zlatan Ibrahimovic membawa Milan unggul lewat sundulannya pada menit ke-20. Akan tetapi, I Partenopei dapat merespons dengan baik.

Lorenzo Insigne dan kawan-kawan langsung bermain lebih menekan dan mengkreasikan banyak sekali peluang. Akan tetapi, tak ada yang menjadi gol hingga babak pertama usai, termasuk sontekan Giovanni Di Lorenzo yang mengenai mistar gawang.

Pada babak kedua, Napoli juga bermain menyerang, namun lagi-lagi mereka gagal menyamakan skor. Milan justru menambah keunggulannya pada menit ke-54 kala Ibrahimovic mencetak gol menggunakan lututnya.

Menanggapi kondisi ini, Gattuso menilai Napoli sebenarnya memiliki kualitas. Hal itu terlihat dari banyaknya peluang yang anak-anak asuhnya peroleh. Akan tetapi, tanpa mental bertanding yang tepat, kualitas tersebut dinilai Gattuso menjadi percuma.

“Saya adalah orang yang paling bertanggung jawab dan setiap kali kami menghadapi pertandingan besar, sesuatu terjadi. Kami harus meningkatkan standar, itu masalah saya, karena jelas saya tidak bisa membuat tim mendekati pertandingan tertentu dengan cara yang benar,” tegas Gattuso kepada Sky Sport, Senin (23/11/2020).

“Bukan kebetulan bahwa kami menciptakan begitu banyak peluang dalam laga ini dan tidak memanfaatkannya. Kami harus fokus pada apa yang kami lakukan, menyelesaikan pekerjaan, itulah masalah utamanya,“ lanjut legenda AC Milan tersebut.

“Kami terlalu memikirkan tentang apa yang hilang, apa yang tidak kami lakukan, apa yang melawan kami. Ini bukan nasib buruk. Kami tidak mendekati permainan ini dengan tekad yang tepat, karena teknik dan kualitas saja tidak cukup,” jelasnya.

“Ini tentang mentalitas, kami perlu fokus dan berjuang untuk setiap hasil. Saya tahu apa yang salah dan bukan kebetulan bahwa ketika kita menghadapi pertandingan yang sangat penting, kami bimbang. Kami harus berpikir sebagai tim, dengan satu pikiran, bukan individu,” pungkas Gattuso.

Ini merupakan kekalahan kedua Napoli dalam tiga pertandingan terakhir mereka di Liga Italia. Sebelumnya, mereka kalah dari Sassuolo di kandang sendiri dengan skor 0-2. Saat ini, Napoli tertahan di posisi keenam klasemen sementara Liga Italia dengan koleksi 14 poin, tertinggal enam angka dari Milan sebagai puncak.

Susunan pemain

Napoli: Alex Meret (PG); Giovanni Di Lorenzo, Kostas Manolas, Kalidou Koulibaly, Mario Rui, Fabian Ruiz, Tiemoue Bakayoko, Hirving Lozano (Piotr Zielinski 56′), Matteo Politano (Andrea Petagna 69′), Lorenzo Insigne, Dries Mertens.

AC Milan: Gianluigi Donnarumma (PG); Davide Calabria, Simon Kjaer, Alessio Romagnoli, Theo Hernandez, Ismael Bennacer, Franck Kessie, Alexis Saelemaekers (Samu Castillejo 73′), Hakan Calhanoglu (Rade Krunic 87′), Ante Rebic (Jens Hauge 73′), Zlatan Ibrahimovic (Lorenzo Colombo 79′).

Baca Juga

Back to top button